Momen Hari Pramuka, SMPN 1 Jati Kudus Gelar Pelestarian Budaya

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Peringatan Hari Pramuka ke-58 di SMPN 1 Jati Kudus berlangsung meriah. Pasalnya setelah upacara hari pramuka, ada gelaran pertunjukan pembacaan geguritan atau puisi jawa, di halaman sekolah, Rabu (14/8/2019).

Geguritan berjudul Musuh Bangsa itu dibacakan Inayah Catur Nay, kelas IX. Ia menceritakan mengenai kondisi bangsa Indonesia yang saat ini marak akan kasus korupsi dan narkoba. Kehadiran geguritan ini seakan menjadi selentilan sekaligus wejangan (petuah – red) bagi para generasi muda. Untuk menata mental menjadi penerus bangsa yang lebih baik.

Musuh Bangsa diartikan oleh Naya, sebab musuhing bangsa sak iki, ora penjajah ora pemberontak sing kudu diadepi karo bedil. Nanging awujud korupsi, manipulasi lan konspirasi. Iku sing gawe bubrah tatanan uriping bangsa. Tambah maneh narkoba lan sak jenise, sing racun generasi muda tunase bangsa,” ucap Naya membacakan geguritan buatan ayahnya, Sunarto Singa Atmaja.

TRENDING :  LOGUNG WISATA RAJA AMPATNYA KUDUS
TRENDING :  Satgas Waspada Investasi : Cermati & Waspadai Investasi Bodong Pada 6 Perusahaan Ini

Dilanjutkan Naya, “Mulo elingo welinge para sudarmo. Kanggo para muda taruna soho pranata praja. Ayo cancut tali bondo gumbregah. Brantas korupsi, konspirasi, kong kalikong ugo ngadohno pil setan lan narkoba. Dadio generasi muda sing kuat, sehat lan nyaiwiji kanggo ibu pertiwi,”

Selain membacakan geguritan, Naya juga menyanyikan tembang jawa berjudul Asmorodhono Ojo Turu Sore Kaki. “Tembang ini berisikan petuah agar manusia tidak tidur pada waktu tenggelamnya matahari karena menurut mitos dapat menghambat rezeki,” paparnya.

TRENDING :  Pasar Burung Akan Jadi Destinasi Wisata Baru

Sementara itu, Sungkowo, Pembina OSIS SMP 1 Jati menuturkan dengan adanya penampilan siswa di peringatan HUT Pramuka ke-58 ini, diharapkan peserta didik tidak hanya pintar dalam sisi akademik, akan tetapi juga memiliki jiwa yang berkarakter dan berakhlak baik.

Selain suguhan karawitan, tembang mocopat dan geguritan, ada pula duet gitar instrumen dan penampilan variasi PBB. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :