Mulai Sabtu Besok, Jalan Jenderal Soedirman Kudus Kembali Jadi Satu Arah

oleh
Bagan skenario pemberlakuan satu arah kembali pada Jalan Jenderal Soedirman Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Terhitung mulai hari Sabtu depan, para pengendara dan pengguna jalan yang biasa melintas di Jalan protokol Jenderal Soedirman Kudus untuk lebih berhati-hati dan cermat, karena sejak hari tersebut telah di berlakukan kembali arus satu arah di ruas jalan mulai dari arah Alun-alun Simpangtujuh ke arah timur hingga Perempatan Pentol Rendeng.

Pemerintah Kabupaten Kudus dalam hal ini Dinas Perhubungan kembali mengevaluasi kebijakan dua arah pada ruas Jalan Jenderal Soedirmanyang sejak bulan Oktober tahun 2016 di putuskan sebagai jalan dua arah bagi lalu-lintas kendaraan bermotor.

Kebijakan atas berlakunya arus dua arah di ruas jalan tersebut di cabut, dan kembali menjadi jalan satu arah seperti  yang pernah berlaku sebelumnya dan di berlakukan terhitung mulai hari Sabtu depan (11/05/2019).

TRENDING :  Wantimpres Kagumi Sekolah Vokasi Di Kudus

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kudus, HM Tamzil yang di dampingi Kapolres Kudus AKBP Saptono usai rapat tentang skenario sistem satu arah yang di gelar di command center room Dinas Kominfo kompleks pendopo Kabupaten Kudus, siang tadi, Rabu (08/05/2019).

Menurut Bupati, hal itu terpaksa dia putuskan mengingat sejumlah permasalahan yang muncul saat pemberlakukan dua arah.

“Seperti timbulnya beberapa titik konflik di ruas jalan jendral Sudirman antara lain, di ruas depan  SD Cahaya Nur atau ketika kendaraan para pengantar dan penjempur sedang putar balik arah,” ujarnya

Tak hanya itu, lalu-lintas di depan Pasar Kliwon, “ saat kendaraan pengunjung Pasar Kliwon yang putar balik arah, parkir dua shaft di sebelah utara karena  kurang optimalnya Gedung Parkir,” ujarnya.

TRENDING :  Jalan Ahmad Yani Jadi Kawasan Tertib
Suasana rapat pemberlakukan sistem satu arah di Jalan Jenderal Soedirman Kudus (Foto: YM)

Jadi untuk menanggapi sejumlah permasalahan tersebut,menurutnya akan di berlakukan kembali Jalan Jenderal Soedirman menjadi satu arah.

“Ini berlaku setiap hari sejak pukul 05.00 pagi hingga pukul 18.00, dan mulai dilaksanakan besok hari Sabtu atau Minggu depan atau menunggu kesiapan rambu-rambu lalu-lintas yang disediakan oleh Dinas Perhubungan nanti,” ujarnya.

Sehingga nantinya Mobil atau Sepeda motor yang dari arah timur pada jam-jam pemberlakukan satu arah bisa melewati Jalan HOS Cokroaminoto atau melalui jalan Bhakti.

“Sosialisasinya tak harus lama, cukup satu hari saya rasa cukup,” tandasnya.

TRENDING :  Agar Lolos OTT KPK Belajarlah Dari Kudus

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kudus, Abdul Halil usai rapat skenario sistem satu arah tersebut, menjelaskan, sejumlah alasan di berlakukannya kembali arus satu arah adalah karena untuk mengurai spot-spot titik kemacetan pada jam-jam pulang sekolah utamanya spot di depan SD Cahaya Nur, SMP 3 dan SMP 2, serta pasar Kliwon. yang pada jam-jam tertentu memiliki tingkat kepadatan yang tinggi.

“Kelebihan sistem satu arah adalah, kinerja ruas jalan Jendral Sudirman menjadi lebih baik dilihat dari V/C Ratio, Kecepatan dan Kepadatan arus lalu lintas, menurunnya antrian dan tundaan di sepanjang Jalan Jendral Sudirman serta dapat Mengurangi jumlah titik konflik di sepanjang jalan Jendral Sudirman,” terang dia. (Yuliadi/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :