NUANSA KEBERSAMAAN DI LAHAN PERSAWAHAN

oleh -604 kali dibaca


Panen padi mempunyai kebersamaan tersendiri bagi para petani, terlebih lagi hasil panennya melimpah ruah menghasilkan padi yang unggulan. Hama padi tidak begitu banyak dan mudah di tangani dan saat musim tanam air irigasinya cukup.

Meskipun cuaca sedang tidak menentu kadang panas kadang juga hujan, kondisi hari – hari di lahan persawahan terlihat sibuk, tidak hanya petani pemilik lahan tetapi banyak juga para petani penggarap, buruh panen berkumpul menjadi satu. Berbagai macam aktifitas terlihat di sawah, Ada yang sedang babad tanaman padi, ada yang sedang memisahkan padi dari jerami dengan alat mesin maupun tradisional, ada juga yang sedang sibuk mengais sisa buliran padi, ada juga para peternak sapi yang asik mengumpulkan jerami, mereka sibuk dengan aktifitasnya sendiri – sendiri.

Panas maupun hujan tidak mereka hiraukan, gatalnya tubuh karena bulu – bulu tanaman padi tidak mereka rasakan, mereka hanyut dalam suka cita. Nuansa kebersamaan di lahan persawahan dilihat masih sangat terasa, tentu menjadikan harmoni tersendiri.

Petani padi punya andil besar dalam melalui optimalisasi di sektor pertanian, harapannya kedepan petani padi lebih maju dalam segala hal. Petani yang mampu menciptakan hasil pertanian yang unggulan dan mampu memasok kebutuhan pangan, tidak harus dengan impor.
#bagus

KOMENTAR SEDULUR ISK :