Objektifitas Dan Profesionalitas Tepis Rumor Seleksi Perangkat Desa

oleh -987 kali dibaca

Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Sebanyak 178 Desa di Kabupaten Rembang melakukan seleksi untuk pengisian perangkat desa dengan menggandeng pihak ketiga dari perguruan tinggi. Sisanya, 54 Desa menyelenggarakan seleksi secara mandiri oleh perangkat Desa sendiri maupun perguruan tinggi diluar kerjasama pemerintah.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang sudah menunjuk dua perguruan tinggi yaitu Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan Universitas Diponegoro (UNDIP) untuk bekerjasama dalam membantu dalam proses seleksi pemilihan perangkat desa.

Pelaksanaan seleksi nantinya terdapat tiga tahapan, yakni seleksi tertulis, seleksi komputer, dan seleksi wawancara. Akan dilaksanakan di masing-masing kampus secara bergelombang mulai tanggal 1 sampai 3 Desember 2017.

Ketua tim seleksi dari Unnes, Prof Wasino menyebutkan, penilaian seleksi tertuliskan mendapatkan porsi 60 persen, tes komputer 30 persen, dan tes wawancara 10 persen. Setelah rampung menjalani ketiga tahapan tersebut, secara otomatis akan langsung muncul nilainya.

“Unnes hanya membuat ranking dari ketiga seleksi itu, tidak ada wewenang untuk meloloskan atau tidak. Nantinya hasil ranking itu akan kami laporkan kepada siapa yang memberikan pekerjaan ini kepada kami, yaitu pihak perangkat Desa terkait,” jelasnya kepada wartawan.

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, dengan menggandeng pihak ketiga, kerawanan konflik bisa ditekan. Sebab, kerahasiaan dan hasil dari seleksi dapat dijamin, tanpa ada pengaruh dari pihak manapun.

“Dengan menggandeng pihak ketiga ini, rahasia terjamin. Terlebih yang kita gandeng adalah perguruan tinggi yang sudah terakreditasi A, sehingga tidak main-main,” paparnya.

Bupati menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak tergiur oleh iming-iming untuk bisa melolosan peserta dengan alasan memiliki jaringan di perguruan tinggi terkait. Pasalnya dengan kesempatan seleksi ini akan ada sekelompok orang yang ingin memanfaatkan situasi ini demi keuntungan materi maupun kepentingan pribadi.

“Maka objektifitas dan profesionalitas adalah kunci untuk menepis manufer-manufer atau spekulasi dari kelompok-kelompok yang ingin memainkan dan memanfaatkan seleksi ini ,” imbuhnya.

Total dari seluruh Desa penyelenggara seleksi, terdapat 3.343 peserta. Khusus yang akan berangkat seleksi besok di Unnes dan Undip, ada sebanyak 1.487 peserta di Unnes, dan 1.406 peserta di Undip. (rtw)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.