Paguyuban Sapu lebu Desa Ploso Kudus Sisir Warga untuk Bagikan Nasi

oleh -1,664 kali dibaca
Sugiyanto, ketua Komunitas Sapu lebu saat memberikan nasi ke tukang becak.

udus, isknews.com – Puluhan anggota Paguyuban“Sapu lebu” di Desa Ploso Kecamatan Jati Kabupaten Kudus sepekan sekali setiap hari Jumat menaiki menyisir warga untuk diberikan makanan berupa nasi kotak.

Mereka menyisir warga dengan menggunakan odong-odong dan diikuti mobil lainnya. Kegiatan yang sudah berjalan hampir setahun itu di maksud untuk membantu warga yang membutuhkan.

“Kegiatan ini sudah dilakukan lama, cuma lebih intensif selama pandemi ini. Kita intensifkan gerakan pembagian nasi ini bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Sugiyanto, ketua Paguyuban Sapu lebu , kepada isknews.com, Jumat (8/10/2021).

Setiap Jumat pagi, kata Giyanto, kita membawa sekitar 100 hingga 200an nasi kotak, berkeliling ke berbagai sudut di sekitar Desa Ploso dan pasar Bitingan untuk dibagikan ke warga yang membutuhkan..

Mengenai pendanaan, Sugiyanto mengungkapkan berasal dari iuran anggota maupun donatur.

“Kebanyakan iuran. Jadi, kalau ada teman-teman dari kalangan sendiri yang punya rejeki lebih memberi iuran, uangnya kami belanjakan,” terangnya.

Sugiyanto pun mengajak masyarakat, khususnya yang memiliki rejeki lebih, untuk lebih peka terhadap situasi lingkungan sekitar.

“Mari saling jaga keluarga, jaga tetangga. Kita harus membuka mata bahwa di sekeliling kita banyak yang terdampak,” tambahnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :