Parijoto, Buah Penuh Khasiat Peninggalan Sunan Muria

oleh -1,615 kali dibaca

Kudus,isknews.com – Buah ini tumbuh di Lereng Pegunungan Muria, Buah yang tumbuh subur di Pegunungan Muria ini oleh masyarakat mempunyai khasiat tersendiri bagi yang memakannya. Banyak wisatawan yang datang dan mencari buah peninggalah Sunan Muria ini untuk dibawa pulang dan untuk oleh-oleh khas Muria yang akan di berikan kepada keluarga yang sedang Hamil.

Buah ini sangat cocok untuk ibu yang sedang mengandung karena di percaya siapa saja yang memakan atau mengolah buah ini akan mendapatkan keturunan yang bagus. Selain itu sekarang Parijoto juga sudah merambah ke ranah buadata karena sudah dijadikan sebagai motif batik Kudus.

Konon katanya buah ini dapat membuat anak dalam kandungan menjadi cantik dan tampan. Biasanya ibu hamil memakan buah ini pada usia kandungan menginjak lima bulan namun ada juga yang memakannya saat usia kandungan baru dua atau tiga bulan.

Satu lagi buah ini tak bisa dimakan sendirian, tapi harus dengan temannya yaitu buah Delima dan jeruk Pamelo. Biasanya ada yang mencari Delima hitam untuk teman Parijoto saat ingin dijadikan rujak. Ada kepercayaan masyarakat di sekitar Pegunungan Muria yang mewajibkan tiga buah itu menjadi satu saat di rujak.

Selain itu saat usia kanduangan empat bulan banyak ibu-ibu yang mencari buah ini untuk campuran sesaji saat selamatan empat bulanan. Selain saat usia kanduangan buah peninggalah Sunan Muria ini di cari masyarakat saat usia tujuh bulan, untuk pelengakap acara Mitoni.

Untuk rasa buah ini adalah asam dan agak getir, buah ini biasanya dijadikan sebagai rujak atau direbus dahulu sebelum dikonsumsi. Buah dengan nama latin Medinella speciosa L. ini secara medis sebenarnya memiliki kandungan bahan kimia saponin dan kardenolin pada daun dan buahnya, sedangkan pada buahnya mengandung flavonoid dan daunnya mengandung tannin yang berkhasiat sebagai obat sariawan dan obat diare.

Jika Anda tertarik untuk mecarinya silahkan datang ke Lokasi Makan Sunan Muria, banyak penjual di sana yang menyediakan buah peninggalah Sunan Muria ini, atau ada ingin memperbaiki keturunan? Silahkan coba buah Parijoto ini. Selamat mencoba.(IH/Mr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :