Parkir Di Menara Makin Semrawut, Angkudes Berebut Tempat Dengan Mobil Pribadi

oleh -1,179 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Difungsikannya bekas areal parkir kendaraan wisata Menara Kudus, menjadi taman, menimbulkan dampak parkir kendaraan di kawasan Menara itu, semakin hari semakin semrawut. Karena dengan tidak tersedianya areal parkir pengganti, maka kendaraan yang mengangkut peziarah dari Terminal Induk Bus ke Menara, terpaksa harus parkir di jalan-jalan yang lokasinya terdekat, yakni Jalan Kyai Telingsing dan Jalan Sunan Kudus.
Akibatnya terjadi saling rebutan tempat parkir di ruas jalan tersebut, antara angkutan pedesaan (Angkudes) dan mobil pribadi milik warga setempat,atau carteran rombongan peziarah. Meningkatnya kendaraan yang datang dan parkir di Kawasan Menara, sebagaimana diketahui, adalah sejak dialihkannya tempat parkir bus-bus dan kendaraan wisata, yang semula di Terminal Bakalan Krapyak ke Terminal Bus Induk, selama terminal yang khusus diperuntukkan bagi peziarah yang ke Makam Sunan Kudus itu ditutup dikarenakan sedang direhab. Karena itu, peziarah yang diturunkan di terminal Jati Wetan itu, untuk menuju ke Menara, harus naik angkot.
Pantuan isknews.com, Selasa (29/12), penyebab kesemrawutan di kawasan Menara, adalah hampir semua angkudes yang mempunyai trayek ke jurusan Kudus barat, melayani dan mengangkut para peziarah ke Menara, yakni Angkudes jurusan Terminal Bus Induk – Jetak, Karangmalang, Gebog dan Singocandi. Angkudes ini hampir tiada henti berdatangan itu, menaik -turunkan penumpangnya, baik di Jalan Kyai Telingsing dan Jalan Sunan Kudus.
Di kedua ruas jalan itulah, karena memang merupakan jalan umum, angkudes-angkudes terpaksa harus berebut tempat parkir dengan mobil-mobil pribadi, baik milik warga setempat, atau mungkin merupakan kendaraan carteran rombongan peziarah. Kondisi yang tidak tertib itu, masih ditambah lagi dengan adanya rombongan peziarah yang membawa kendaraan agak besar, seperti bus mini dan elf.
Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus, melalui Kepala UPT Perparkiran, Istiyanto, yan dihubung isknews.com, Selasa (29/12), membenarkan yang kini sedang terjadi di Kawasan Menara, terkait dengan masalah perparkiran. Namun karena memang situasi yang menghendaki seperti itu, mau tidak mau harus dijalani. “Karena keterbatasan tempat, ya jalan-jalan yang ada di sekitar Menara, dimanfaatkan dan digunakan untuk parkir kendaraan peziarah.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :