Pasca Musrenbang Nasional, Pemkab Kudus Bakal Tindak Lanjuti Pesan Presiden RI

oleh -1,341 kali dibaca
Foto: ist.

Nasional, isknews.com – Penjabat Bupati Kudus Dr. M. Hasan Chabibie menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo dalam agenda Musrenbang Nasional di Jakarta. Agenda yang berlangsung di Jakarta (06/05) ini dihadiri Presiden Joko Widodo, beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM), serta ratusan Kepala daerah dari seluruh kawasan di Indonesia. Hadir pula jajaran Sekda dan jajaran serta Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Hasan Chabibie menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti apa yang menjadi perintah Presiden Joko Widodo di agenda Musrenbang Nasional tersebut. “Pak Presiden Joko Widodo memberikan arahan khusus agar Pemerintah Daerah harus berhati-hati dalam pengelolaan anggaran. Ini terkait dengan kondisi fiskal negara serta keuangan Indonesia, yang harus dikelola secara baik,” terang Hasan, kepada media ini.

Lebih lanjut, Hasan Chabibie juga menyampaikan bahwa point penting dari pembahasan Musrenbang Nasional, yakni pemahaman atas kondisi geopolitik dunia yang turut mempengaruhi kebijakan politik nasional. “Jadi memang kondisi politik dunia, harga minyak serta suku bunga juga menjadi point penting yang disampaikan Bapak Presiden. Juga, terkait rencana masa depan Indonesia menuju Indonesia emas, beserta strateginya,” ungkapnya.

Hasan juga menyatakan bahwa Bapak Presiden RI memberikan arahan khususnya terhadap 3 hal kepada Kepala Daerah. “Di antaranya, prinsip penyusunan RKP semua program harus inline antara program Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Serta, ketika menyusun program harus berorientasi hasil tidak sekedar output. Dan, program yang disusun harus tepat sasaran dan strategis,” jelas Hasan Chabibie, yang juga menjadi Kepala BKHM Kemendikbudristek.

Menurut Hasan Chabibie, Pemerintah Kabupaten Kudus akan segera menindaklanjuti point penting dari apa yang disampaikan oleh Presiden RI. “Kami akan segera rapatkan barisan di tingkat Pemda Kudus, tentu dengan Sekda dan OPD terkait untuk mengimplementasikan di level pemerintah kita. Jadi, ini akan menjadi tugas penting, bagaimana aspirasi masyarakat yang diserap dari level desa, kemudian hingga level nasional menjadi kebijakan startegis negara. Dari level nasional, kemudian diturunkan lagi menjadi strategi di level pemerintah daerah,” demikian menurut Hasan.

Hasan menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kudus juga terus memantau laju inflasi dan perekonomian daerah, dengan melakukan pemantauan rutin di pasar-pasar serta koordinasi setiap pekan dengan Kementerian Dalam Negeri. “Pemda punya peran strategis dalam konteks pengendalian inflasi, berkolaborasi dengan Pemprov, Kementerian dan pemerintah pusat. Jadi, semua terkoordinasi untuk bersama-sama memperjuangkan yang terbaik untuk warga, untuk bangsa Indonesia,” jelasnya.
Penjabat Bupati Kudus Hasan Chabibie optimis dengan perkembangan Kabupaten Kudus serta peningkatan kesejahteraan warganya. Ia juga ingin agar Kudus terus naik kelas, dengan pengembangan di sektor Pendidikan, sumber daya manusia, ekonomi hingga industri serta beberapa bidang lain yang terkait (AS/YM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :