Pastikan Hewan Kurban Aman dan Sehat, Bidang Peternakan Terjunkan Petugas

oleh
Bertempat di JHK Kudus, Kasi Produksi dan kesehatan Hewan, Sidi Pramono bersama tim saat mengecek daging hewan kurban usai disembelih, Jumat (31/7/2020).

Kudus, isknews.com – Dinas Pertanian dan Pangan Kudus bidang peternakan menurunkan tim ke lapangan untuk mengecek kesehatan hewan kurban sebelum maupun sesudah di sembelih masyarakat pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Jumat (31/7/2020).

“Kita turunkan tim ke lapangan untuk mengecek kesehatan hewan kurban masyarakat yang akan disembelih pada Idul Adha, Alhamdulillah daging usai disembelih tidak ditemukan penyakit alias sehat,” ujar Kasi Produksi dan kesehatan Hewan, Sidi Pramono saat ditemui isknews.com usai pengecekan kesehatan hewan kurban di JHK.

TRENDING :  Partini, Jadi Cerminan Sosok Kartini yang Tangguh dan Mandiri

Menurut Sidi, pihaknya menjalankan prosedur tetap dan memastikan hewan kurban yang tersedia di pasaran di daerah itu dalam kondisi sehat dan layak untuk di konsumsi oleh masyarakat. “Kita punya protap, jadi sebelum hewan ini dipotong akan kembali diperiksa dulu oleh paramedis, apakah hewan yang dimaksud layak atau tidak, ini dilakukan sebelum dan sesudah dipotong,” ujarnya.

TRENDING :  Online Shop Ikutan Kebanjiran Order Baju Lebaran

Dikatakannya, upaya tersebut dilakukan agar hewan kurban yang dipotong masyarakat bebas penyakit hewan dan aman untuk dikonsumsi. Sidi juga mengingatkan, agar masyarakat waspada dan cermat dalam memilih daging yang untuk dikonsumsi. “Paling tidak, masyarakat tahulah ciri-ciri daging yang sehat ketika melihat teksturnya,” katanya.

Sidi menambahkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pengurus Masjid terkait hal-hal yang diwajibkan dalam perawatan hewan kurban sebelum dipotong agar mematuhi protokol kesehatan aman Covid-19.

TRENDING :  Puluhan Difabel Antusias Ikuti Pengukuran Kaki Palsu Gratis

Sementara pengurus JHK, Alex Fahmi mengatakan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di JHK berlangsung lancar dan aman. “Ada 6 kerbau dan 6 kambing yang disembelih, diantaranya dari sirkah atau patungan kurban, lalu issanya dari pribadi,” terangnya.

Daging yang telah dibungkusi, kata Alex, selanjutnya diberikan ke perwakilan 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :