Pastikan Siswa Ikut KBM, Disdikpora Kudus Punya Program Operasi Pelajar

oleh -82 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus mempunyai program operasi pelajar untuk memastikan pelajar mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

Kepala Seksi Pembangunan Sumber Daya Pemuda pada Disdikpora Kudus, Agus Subandi menegaskan bahwa operasi ini dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan bagi pelajar sekolah.

“Di saat situasi pandemi proses belajar tetap berlangsung via daring di rumah masing masing dan siswa tidak boleh keluar rumah pada jam-jam belajar kecuali ada keperluan ke sekolah semisal mengumpulkan tugas.,” terang Agus.

Selain itu, jika pihaknya menemukan siswa keluar rumah disaat proses KBM daring kita berikan arahan dan lain lain.

“Jika menemukan pelajar saat KBM daring, pihaknya juga memberikan upaya preventif dengan memberikan pengertian agar mereka menjadi seorang pelajar yang baik dan mau untuk mentaati peraturan,” tandasnya.

Jika ada yang keterlaluan, lanjut Agus, kita bawa pelajar tersebut ke Kantor Disdikpora Kudus untuk selanjutnya diberi pembinaan dan arahan, sekaligus membuat surat pernyataan dihadapan petugas yang harus ditandatangani oleh kepala sekolah dan orang tua siswa.

Terkait lokasi yang dijadikan target operasi pelajar diantaranya beberapa titik keramaian atau tempat-tempat tertentu yang biasa dijadikan tujuan mangkir saat jam KBM daring.

Apalagi Kudus adalah paku bumi pendidikan, sebisa mungkin pihaknya menciptakan kondusifitas saat jam belajar (baik saat KBM online maupun offline), dan menciptakan pelajar yang bertanggung jawab.

Program yang sudah berjalan lama beberapa tahun lalu itu (sebelum pandemi) Disdikpora juga menggandeng pihak terkait, yakni satpol PP Kudus.

”Kita telah bekerja sama dengan pihak satpol PP Kudus untuk mencegah pelajar keluyuran saat KBM dan diharapkan kenakalan pelajar tidak terjadi di wilayah Kudus ini,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :