Pati Bakal Helat Pilkades Serentak

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati langsungkan langkah persiapan, untuk menghelat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Bumi Mina Tani. Rencananya, gelaran tersebut bakal dilangsungkan pada tanggal 15 Desember tahun ini.

“Terkait persiapannya, kami tengah menyiapkan Perbup yang mengatur Pilkades serentak. Kami juga telah menyampaikan surat edaran ke pihak terkait gelaran Pilkades serentak,” terang Kasubag Pemerintahan Desa, Indah Pebriana, Kamis (04/01/2018).

Penyiapan perbup tersebut perlu dilakukan, mengingat ada sejumlah hal yang perlu dibenahi dan direvisi, dalam perbup yang mengatur Pilkades sebelumnya. Misalnya saja, menyoal periode.

TRENDING :  Tiga Kandang Ternak Ayam Terbakar, Kerugian Capai 900 Juta Rupiah

Tercatat, ada sebanyak 55 desa yang tersebar di 21 Kecamatan yang bakal turut menyemarakkan gelaran Pilkades serentak. Jumlah tersebut kemungkinan bakal bertambah. Pasalnya, ada sejumlah desa yang masa jabatan Kepala Desa akan berakhir Mei 2019 mendatang.

TRENDING :  Semua Kecamatan Bakal Gelar Pilkades Serentak, Kecuali Kecamatan Ini

“Jumlah tersebut tersebar, tapi bisa saya bilang kalau yang paling banyak ada di Kecamatan Juwana dan diikuti Margorejo,” bebernya.

Lanjut Indah, untuk desa-desa yang masa jabatan Kepala Desa akan berakhir pada bulan Maret 2019. Berkesempatan untuk mengikuti Pilkades 2018 dalam tahap kedua atau pada tahun 2019 mengikuti tahapan ketiga Pilkades.

TRENDING :  Kemendikbud Dorong SMK Negeri Menjadi BLUD

“Untuk desa yang masa jabatannya habis pada Maret 2019, terhitung ada delapan desa. Mereka bebas memilih tahapan yang mana,” ungkapnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.