PBSI UMK Fasilitasi Mahasiswa Raih Prestasi Internasional

oleh -1,381 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Banyak mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakulas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) yang meraih prestasi, lokal, nasional maupun internasional. Karena mahasiswa yang kuliah di Prodi PBSI memang difasilitasi untuk mengembangkan kemampuannya dengan berbagai even, termasuk even lomba internasional.

Ketua Prodi PBSI FKIP UMK Dr. Irfai Fathurrohman, S.Pd, M.Pd. mengatakan, mahasiswa yang kuliah di Prodi PBSI memang memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai program internasional, seperti magang maupun lomba internasional. ”Kami akan fasilitasi mahasiswa secara maksimal agar bisa ikut program internasional untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki mahasiswa,” katanya Minggu (27/6/2021).

Pihaknya sudah menyiapkan banyak program yang bisa diikuti, karena sudah ada beberapa kegiatan atau lomba yang memang diadakan secara periodik. Sehingga mahasiswa akan diarahkan ke program atau even tersebut.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan dosen pembimbing untuk berbagai program atau lomba yang diadakan. Sehingga mahasiswa akan mendapatkan bimbingan maksimal ketika menjalani program atau lomba yang dikuti.

PBSI UMK Fasilitasi Mahasiswa Raih Prestasi Internasional

Beberapa mahasiswa yang sudah meraih prestasi bersama Prodi PBSI FKIP UMK seperti Novi Auliana Putri. Terakhir pada 2021, dia mendapatkan Gold Medal Youth International Science Fair (YISF) 2021, pada 2020 mendapatkan silver medal diajang yang sama. Tak hanya itu, dia juga menjadi Pemakalah Internasional Semar BIPA (2020).

Lalu pernah menjadi juara 1 video lomba menyanyikan lagu nasional tingkat nasional pada 2019. Lalu penulis terpilih cipta puisi IKAMI tingkat nasional dan penulis terpilih lomba cipta puisi tingkat nasional INKUMEDIA pada 2019.

Ada juga Fransiskia Cindy Dewanti yang menorehkan banyak prestasi internasional, dia pernah mendapatkan Gold Medal YISF 2021. Lalu meraih gold medal dan special award dalam event World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2020. Prestasi nasional pernah menjadi peringkat 2 menulis puisi dalam event Lomba Cipta Puisi Kemerdekaan RI-74 (2019).

Zuyyinatul Mushoffa juga meraih banyak prestasi, gold medal dan special award WICE 2019, silver medal pada even ISIF 2020. God medal pada Africa OCIIP Expo 2020 dan gold medal pada even Indonesia International Aplied Science Project Olympiad (I2ASPO) 2020.

Tak hanya even lomba, mahasiswa juga bias mengikuti magang luar negeri, seperti yang dialami Rika Ayu Wulandari dan Zaen Lailatul Ramadani. Dia pada 2019 magang di KBRI Hanoi, Hanoi University, dan University of Social Sciences and Humanities VNU.

”Selain itu ada juga banyak mahasiswa PBSI yang mendapatkan prestasi dalam even pekan ilmiah mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan setiap tahun Kemendikbudristek,” imbuhnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :