Peci Hingga Baju Motif Ecoprint Buatan Warga Kudus ini Bikin Beda dan Keren Penampilan

oleh -478 kali dibaca
Helma Susanti (51), pengrajin Ecoprint Godong Salam, saat ber pose bersama produk-produknya. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Dengan berkembangnya zaman, banyak sekali munculnya berbagai teknik pewarnaan kain. Mulai teknik shibori, yang merupakan teknik pewarnaan dari Jepang hingga teknik pewarnaan alami yang disebut ecoprint. Munculnya teknik pewarnaan kain ini juga meramaikan industri fashion.

Helma Susanti (51), salah seorang pengrajin Ecoprint Godong Salam menjelaskan, Dari semua teknik perwarnaan, ecoprint salah satu teknik pewarnaan yang menarik. Ecoprint adalah teknik pewarnaan pada tekstil, dengan mereplika berbagai macam daun atau bunga sebagai polanya.

Dengan teknik ecoprint, sesuatu yang dibuat pewarnaan alami itu akan menghasilkan karya seni ber estetika tinggi karena motif yang unik dari proses yang tidak biasa. “Untuk pembuatan ecoprint, saya menggunakan daun jati atau daun jarak, daun betadine, jambu, hingga daun lanang,” terang Founder Komunitas Batik Ecoprint Kudus itu.

Dari awal merintis tahun 2021 hingga sekarang, Helma yang juga dipercaya menjai Koordinator wilayah 2 (Jepara sampai Purwodadi), Asosiasi Ecoprint Indonesia itu telah membuat beragam hasil karya berbahan motif ecoprint, harganya pun menyesuaikan kerumitan dan tentunya masih bisa dijangkau,

“Peci nya mulai 100 ribuan, Kerudung mulai 125 ribu, Pasmina rumbay mulai 150 ribu,  Gamis mulai 400 ribu, Outer mulai 250 ribuan, Kemeja mulai 300 ribu, sepatu kulit (cewek) mulai 600 ribu dan untuk cowok mulai 700 ribu, juga menjual kain meteran di harga 225 ribuan/2 meter.

Ada juga karya dalam bentuk lain seperti Tote bag di harga mulai 50 ribu, Sampul Buku ukuran kecil 40 ribuan, ukuran tebal dan besar 99 ribuan,

Lalu ada Topi di harga mulai 75 ribu, Tas kain mulai dari 75 ribu, Mug mulai 50 ribu, Termos mulai 100 ribu,” bebernya.

Bagi anda yang berkeinginan dan minat dengan barang-barang keren tersebut bisa langsung menghubungi 0817-241-875. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :