Pelajar SD Asal Kudus Raih Juara MAPSI Kategori Cerita Islami

oleh -1,790 kali dibaca
Nietro Duta Diega siswa kelas VI SD 1 Barongan Kecamatan Kota Kudus

Kudus, isknews.com – Pelajar SD asal Kabupaten Kudus berhasil meraih juara 1 lomba Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) SD Tingkat provinsi Jawa Tengah kategori cerita islami pada Sabtu 30 September 2023.

Dia bernama Nietro Duta Diega siswa kelas VI SD 1 Barongan Kecamatan Kota Kudus. Duta mengangkat cerita folklor muria yang berkembang yakni asal-usul Sendang atau Belik Ngecis.

Sementara itu, Kepala SD 1 Barongan Rizky Oktavian Saputra sangat bangga karena salah satu siswanya dapat membanggakan nama sekolah dan Kabupaten Kudus.

“Lewat lomba ini, sekaligus mengenalkan budaya dan kearifan lokal kudus melalui edukasi semacam mendongeng dan kesenian,” ujar Rizky.

Pelatih Lomba, M Ulul Azmi menginginkan banyak cerita lokal yang bisa diangkat terus di eksplore sebagai dongeng. Bahwa dongeng tidak hanya berasal dari buku atau cerita yang full power, melainkan juga bisa diambil dari folklor lokal atau cerita tutur yang berkembang di sekitar siswa.

“Saya berharap duta mampu meneruskan bakatnya dan tidak berhenti, karena masa depan adalah untuk mereka mereka yang siap beraksi,” ujarnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :