Pelaksana Butuh Waktu 3 Bulan, Bongkar Total Gedung Matahari

oleh -2,361 kali dibaca
Proses pembongkaran eks Matahari store Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Mulai akhir pekan kemarin, bangunan utama Mall Matahari Kudus yang sebelumnya mangkrak karena terbakar di Febuari 2018 lalu mulai dibongkar. Lembar-lembar dinding semacam seng kini telah dipasang di jalur marka jalan depan bangunan, untuk melindungi para pengendara dari serpihan reruntuhan bangunan yang kini sedang diratakan dengan tanah.

Para pekerja mulai merubuhkan bangunan utama menggunakan escavator dan membersihkan puing – puing bangunan. Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus, Eko Djumartono mengatakan bahwa pembongkaran bangunan ini sudah mulai dilakukan sejak pertengahan bulan Desember tahun ini.

“Sudah mulai dirobohkan oleh pemenang lelang. Sudah dibongkar sejak pertengahan bulan Desember. Ini bangunan utama yang dirubuhkan. Kalau dilihat dibawah sudah dibongkar semua untuk rolling door, atap dan barang lainnya sudah dibongkar sebelumnya” ungkapnya, Selasa (28/12/2020).

Pihak rekanan pemenang lelang, Zaenal, mengatakan jika proses pembongkaran akan berlangsung hingga dua setengah bulan ke depan. Dengan melibatkan tiga alat berat breaker dan puluhan pekerja. “Paling lama sekitar tiga bulan, kami punya sekitar 25 kru untuk ini” tuturnya.

Bangunan sebesar 15 ribu meter kubik tersebut sebelumnya telah laku sebesar Rp 2.739.999.999 saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus membuka lelang pembongkaran dengan penawaran awal senilai Rp 512.726.000. Lebih lanjut, Eko Djumartono belum tau kedepannya bangunan ini akan dibangun lagi untuk apa.

“Kedepannya belum tau mau jadi bangunan apa, kalau sudah rata dan kalau ada investor yang mau masuk silahkan. Sesuai dengan keinginan masyarakat dan pemerintah mau dibuat seperti apa. Kalau bisa segera ada perencanaan supaya tidak mengkrak seperti itu” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.