Pelaksanaan Ujian Sekolah Serentak SD dan SMP di Kudus Sudah Sesuai Prokes

oleh -102 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Hari Kedua diadakannya Ujian Sekolah (US) serentak bagi siswa kelas VI sekolah dasar (SD) dan siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kudus, Selasa (19/04/2022) terpantau berjalan tanpa kendala.

Sekolah melangsungkan ujian sesuai peraturan yang diberlakukan serta taat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat lantaran masih dalam masa pandemi covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Harjuna Widodo, menyampaikan, Pelaksanaan Ujian Sekolah berdasar pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Pihaknya menyebut, imbauan terkait penerapan prokes saat ujian sekolah tetap harus diperhatikan dan hal tersebut sudah direspon baik oleh masing-masing sekolah.

“Semua sekolah melaksanakan ujian sekolah secara luring dan harus menerapkan prokes ketat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SDN 6 Cendono, Kaswanto, menuturkan, pelaksanaan ujian sekolah sampai hari kedua belum mengalami kendala apapun. 35 siswa yang mengikuti ujian sekolah tahun ini juga hadir dan ikut serta tanpa ada halangan.

“Alhamdulillah 100 persen hadir semua, kita bagi jadi 2 ruangan,” katanya.

Terkait penerapan prokes sendiri, Kaswanto menyebut sudah mengikuti peraturan pemerintah sebagaimana yang telah disosialisasikan. Dimana, siswa diwajibkan untuk memakai masker selama berada di lingkungan sekolah.

“Kita juga menyediakan masker, jadi kalau ada siswa yang lupa membawa kita kasih,” tuturnya.

Kemudian, di lingkungan sekolah juga disediakan handsanitazer dibeberapa titik, guna menjaga kebersihan diri dari para warga sekolah. Serta, dilakukan pula pengecekan suhu tubuh menggunakan alat termogun.

“Meskipun pandemi terlihat seolah-olah sudah hilang, tapi semoga segera menghilang, kita tetap mengantisipasi dengan prokes ketat,” jelasnya.

Untuk diketahui, semua sekolah di Kabupaten Kudus telah melaksanakan ujian sekolah sesuai jadwal. Ada sejumlah 422 SD yang melangsungkan ujian sekolah serta 51 SMP.

Pelaksanaan ujian sekolah bagi siswa kelas VI sekolah dasar sendiri akan berlangsung hingga 28 Maret mendatang. Dimana, ada 10 mata pelajaran yang diujikan, antara lain, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Matematika, IPS, IPA, Bahasa Inggris, Penjasorkes, dan SBdP.

Adapun mata pelajaran yang diujikan pada jenjang SMP, tambah Harjuna, antara lain, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Matematika, PPKn, Bahasa Inggris, Seni Budaya, IPA, Penjasorkes, IPS, Bahasa Jawa, dan Prakarya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :