Pelatihan Damkar, Langkah Awal Tanggap Terhadap Bencana Kebakaran

oleh -1,058 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kudus menggelar sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran bagi petugas pasar dan para pedagang dari 16 pasar daerah di Kabupaten Kudus, Rabu (20/9/17) pagi.

Diikuti oleh 120 peserta, acara yang digelar di lapangan depan Kantor Dinas Perdagangan Kompleks perkantoran Mejobo Kudus tersebut di pimpin langsung oleh Kasi Pemadam Kebakaran Bimo Aryo Tejo, melibatkan 2 unit mobil pemadam kebakaran dan sejumlah Apar sebagai bahan praktek dan demonstrasi bagi para peserta.

Menurut Bimo saat ditemui isknews.com mengatakan bahwa, “Pelatihan ini dimaksudkan sebagai upaya pencegahan dini mengatasi kebakaran, juga pelatihan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi kemarau panjang dan mereka juga akan dilatih kemampuan mereka untuk menggunakan alat pemadam kebakaran,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, materi yang diberikan ini adalah teori dasar api, pengenalan alat pemadaman api, baik yang tradisional maupun apar, tata cara fungsi hidran yang ada di pasar, saat evakuasi, sampai metode penyelamatan terhadap para korban.

“Harapan dari pelaksanaan pelatihan pemadaman kebakaran yang diselenggarakan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran. Selain itu juga agar mampu untuk menanggulangi dan mencegah terjadinya korban serta kerugian yang lebih besar.” pungkasnya. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :