Pelepasan Peserta Didik MAN 1 Kudus Dimeriahkan Penampilan Gelar Karya P5P2RA

oleh -1,455 kali dibaca

Kudus, isknews.com – MAN 1 Kudus mengadakan pelepasan peserta didik kelas XII sebanyak 426 siswa-siswi pada Rabu (15/5/2024).

Lokasinya berada di lapangan Indoor madrasah setempat. Nampak panggung megah menghadap utara tersaji dan barisan kursi berjajar rapi. Hadir semua siswa-siswi kelas XII memakai busana dengan nuansa batik sedangkan kelas XI memakai baju almamater madrasah.

Dalam momen tersebut, siswa-siswi kelas X MAN 1 Kudus turut menambah kemeriahan suasana acara pelepasan dengan penampilan gelar karya bertema Bhinneka Tunggal Ika dan Kearifan Lokal.

Ada 12 peserta yang terdiri dari dua belas kelas X, mereka menampilkan beragam cerita daerah, dan keragaman budaya nusantara.

Hal itu sesuai tema-nya, membumikan budaya sebagai warisan bangsa melalui pementasan gelar kreativitas seni dan budaya dalam rangka mengenal dan menghargai serta mengkolaborasikan budaya lokal dengan menghasilkan gagasan dan karya seni budaya.

Gelar karya tersebut memperebutkan beberapa kejuaraan, tiga dewan juri yang kompeten di bidangnya siap menilai dengan tiga kriteria, diantaranya dari segi Penampilan, Kesesuaian Tema dan Kreativitas.

Kepala MAN 1 Kudus, Taufik mengucapkan selamat atas kelulusan yang  telah di capai anak didiknya,

“Allhamdulillah seperti tahun sebelumnya, anak-anak kami kelas XII telah menyelesaikan pendidikannya hingga tuntas. Jumlahnya ada 426 orang, kaami ucapkan selamat atas kelulusan ini, patut kalian syukur,” ujarnya.

Dirinya titip pesan ke semua peserta didik kelas XII agar melampaui masa depan dengan akhlakul karimah, serta setelah keluar dari MAN 1 Kudus bisa termotivasi untuk sukses dan melakukan yang terbaik di bidangnya.

“Tetaplah membawa etika akhlak yang telah ditanamkan di madrasah ini, baik nantinya dalam proses menuntut imu di perguruan tinggi (PT), Pondok Pesantren, Dunia kerja, dan dimanapun kalian berada, karena saat ini akhlakul karimah lebih mahal dan langka,” terangnya.

Taufik juga berpesan agar alumni MAN 1 Kudus selalu menjaga nama baik madrasah, terus mengembangkan kompetensi dan gigih dalam belajar. Rajut asa raih masa depan gemilang, yang tentunya hiasilah dirimu dengan akhlak dan budi pekerti yang mulia.

“Yang mau melanjutkan kuliah di perguruan tinggi atau bekerja kami ucapkan semoga bisa sukses. Jangan lupa banyak-banyaklah berdo’a. Siswa-siswi MAN 1 Kudus harus menjadi-manusia-manusia yang punya iman dan taqwa. Karena setinggi apapun ilmu, tanpa adanya ahlak yang baik dan sopan santun itu tidak ada artinya,” tegasnya.

Sementara itu, Sultan Aufa Hakim dalam sambutannya mewakili siswa kelas X dan XI, mengucapkan selamat atas kelulusan kakak kelas yang saat ini telah menjadi alumni,

“Selamat kepada kakak kelas XII atas kelulusannya, semoga ilmunya bermanfaat dan juga semoga MAN 1 Kudus lebih baik lagi dari sekarang hingga yang akan datang, kepada para guru lebih semangat lagi mendidik siswa, dan kakak alumni terus semangat menuntut ilmu hingga menjadi orang yang berguna,” ungkapnya.

Sementara itu, sambutan Wakil Siswa kelas XII, Fitria Nur Setiani mengatakan, pertama kalinya ijinkan terima kasih kepada bapak atau ibu Pembina OSIS dan organisasi yang telah membimbing selama ini,

“Kepada semua warga sekolah dari guru, karyawan dan adik-adik kelas, minta maaf jika ada kekhilafan baik di sengaja atau tidak, untuk adik kelas tetaplah belajar dengan tekun dan berbakti pada orang tua dan guru,” terangnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :