Pemasangan 60 CCTV Multifungsi Di Berbagai Pusat Publik di Kudus

oleh -959 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Rencana pemasangan 60 close circuit television (CCTV) oleh Dinas Kominfo tahun ini, tidak hanya untuk pantauan arus lalu lintas semata. Perangkat tersebut dioptimalkan untuk berbagai keperluan, salah satunya pantauan lingkungan.

Kadinas Kominfo Kholid Seif kepada isknews.com, Kamis (22/4) menyatakan selain perempatan jalan, CCTV akan dipasang di sejumlah taman. Jadi, tidak sekedar memantau ketersendatan tetapi kejadian di sekitar pusat publik.

“Peruntukan CCTV multifungsi,” jelasnya.
Sesuai rencana, tahun ini akan dipasang 60 titik. Mengenai dana, hingga saat ini masih dikaji terkait kebijakan refokusing.

“Masih akan dihitung ulang,” paparnya.
Setelah terpasang, CCTV dapat dikait instansi terkait. Seif menyebut Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas Polres Kudus dapat memanfaatkannya.

“Disesuaikan dengan tujuan masing-masing,” ujarnya.

Sebelumnya, Satlantas Polres Kudus menyambut baik rencana pemasangan 60 titik CCTV di berbagai tempat. Kasat Lantas AKP Galuh Pandu menyebut piranti dioptimalkan untuk memantau arus lalu lintas dan potensi ketersendatan. Bila terjadi sesuatu, aparat dapat melihat kejadian melalui rekaman CCTV terpasang.

“Peralatan tersebut sangat berguna untuk pantauan arus lalu lintas,” jelasnya.

Menurutnya, di Kota Keretek terdapat sejumlah lokasi rawan kecelakaan di Kota Keretek.

Selain di sekitar Gondoharum, “leter S” di Payaman harus diwaspadai. Kecelakaan sering terjadi di kawasan tersebut.

“Diharapkan, kedua lokasi tersebut dipasang CCTV,” ungkapnya.

Pihaknya akan menyiapkan atau memodifikasi ruangan untuk pantauan CCTV. Melalui bantuan perangkat tersebut, pantauan arus lalu lintas diharakan lebih optimal.(yy/ym)

KOMENTAR SEDULUR ISK :