Pembangunan RPH (Rumah Potong Hewan) di Desa Prambatan Hampir Selesai Dikerjakan

oleh -1,092 kali dibaca

Kudus_isknews.com – (29/12) Rumah Potong Hewan (RPH) di Desa Prambatan ini akan menjadi Rumah Potong Hewan (RPH) terlengkap di Kabupaten Kudus. Pembangunan yang sudah dimulai dari tahun 2013 ini diperkirakan selesai pada awal tahun 2016 ini sudah memasuki tahap pemasangan alat-alat pemotongan hewan dan akan dilakukan uji coba penyembelihan hewan untuk mengetahui kendala yang muncul.

Rumah pemotongan hewan ini dilengkapi dengan alat pemotong hewan semi otomastis, pemotongan manual, tempat karangtina hewan, serta terdapat pula pengeloaan limbahnya. Dengan kelengkapan fasilitasnya, Rumah Potong Hewan (RPH) di Desa Prambatan ini akan menjadi Rumah Potong Hewan (RPH) terlengkap di Kabupaten Kudus. Menurut peraturan Kementrian Pertanian RI, pemotongan hewan harus mementingkan kebersihan serta kehalalan daging yang disembelih, untuk itu petugas Rumah Potong Hewan (RPH) yang udah ada sebelumnya nantinya akan dikumpulkan untuk sosialisai mengenai aturan dan tata cara penyembelihan yang benar dengan mencontoh RPH di Desa Prambatan ini.

Nantinya Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada di Desa Prambatan ini akan mampu memproduksi 15-20 ekor ternak, ternak yang bisa disembelih di sini mulai dari kambing, sapi dan kerbau. Dengan dilengkapi fasilitas pengelolaan limbah, nantinya Rumah Potong Hewan (RPH) di Desa Prambatan ini akan memanfaatkan limbah pemotongan hewan menjadi pupuk dan biogas. Budi Santoso selaku Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kudus saat didatangi isknews.com menyatakan “ Pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada di Desa Prambatan ini diharapkan mempu memenuhi kebutuhan daging yang higenis, halal serta segar untuk masyarakat Kabupaten Kudus”.

‪#‎Adam

KOMENTAR SEDULUR ISK :