Pembangunannya Mendekati Tahap Akhir Gedung Kesenian Di Taman Budaya Kudus Yang Artistik

oleh -1,092 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Pembangunan gedung kesenian di areal Taman Budaya Kabupaten Kudus, kini mendekati tahap akhir. Gedung yang terletak di Jalan Raya Kudus – Colo, Kecamatan Bae itu, merupakan proyek Pengadaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Kudus, pembangunan Gedung Kesenian Taman Budaya, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, nilai kontrak Rp 2.471.137.000, sumber dana dari Bantuan Gubernur (Bangub) Provinsi Jawa Tangah, tahun anggaran (TA) 2015. Pelaksana pembangunan dikerjakan oleh penyedia jasa CV Mandiri Putra Prima.
Pada tahap-tahap awal pembangunannya, belum tampak atau belum bisa dilihat bentuk arsitektur, dan wajah dari gedung kesenian tersebut. Kini setelah mendekati penyelesaian, ada sentuhan artistik, baik pada bentuk arsitektur yang dominan bergaya bangunan joglo, termasuk pada bagian atapnya. Seluruh bagian atap itu dicat dengan warna merah menyala, sewarna dengan bagian pilar dan tiang-tiang yang terbuat dari tembok yang dicor.
Sentuhan Kudusan, ditampilkan pada kusen pintu masuk ke gedung kesenian itu, berupa ukiran adat Kudus tiga dimensi, baik pada pintu utama di bagian depan, dan empat pintu di bagian samping (masing-masing dua pintu). Beberapa lubang ventilasi memenuhi dinding di sekeliling gedung seluas sekitar 30 x 40 meter itu.
Pada bagian dalam gedung, adalah ruang terbuka seperti aula, dengan sebuah panggung utama pada bagian barat. Panggung setinggi sekitar 1,5 meter itu, pada bagian depan dibuat melengkung keluar, yang pada bagian tepinya ditinggikan sekitar 30 centimeter. Sebagaimana sebuah panggung pertunjukkan, pada bagian kiri kanan panggung, agak ke belakang, ada pintu-pintu untuk keluar masuk pemain, dan di bagian belakang panggung tersedia ruang rias dan ruang ganti pakaian.
Saat isknwes.com memantau proyek tersebut, Minggu (7/12), sejumla h tukang sedang memoles dinding panggung, dan sebagian lainnya sedang memasang instalasi lampu-lampu listrik di bagian plafon gedung.
Di Kabupaten Kudus, keberadaan gedung kesenian sudah lama menjadi dambaan para seniman dan budayawan, juga pekerja seni. Dengan greget kegiatan kesenian, baik pertunjukkan, seminar, diskusi dan berbagai lomba seni, oleh para penggerak, pemerhati dan penikmat seni, yang mampu mengangkat nama Kudus ke jagat kesenian nasional, belum diimbangi dengan tersedianya gedung kesenian yang memadai.
Tidak lama lagi, dambaan akan tersedianya gedung kesenian itu, akan menjadi kenyataan, dengan telah dibangunnya gedung baru, di Taman Budaya Kabupaten Kudus itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :