Pemdes Mintorahayu Pati Siapkan Ruang Isolasi Bagi PDP

oleh

Pati, isknews.com – Guna menekan mewabahnya Virus Corona, Pemerintah Desa (Pemdes) Mintorahayu, Kecamatan Winong menyiapkan sarana dan prasarana untuk para warga setempat yang pulang kampung.

Langkah yang disiapkan diantaranya menyiapkan ruang isolasi bagi Pasian dalam pengawasan (PDP), hand sanitizer, APD, Masker dan tempat cuci tangan. bagi warga yang baru datang dari perantauan, diminta untuk langsung ke Posko Penanganan Covid-19, yakni di balai desa setempat.

Sampai di posko, pemudik akan langsung dilakukan pengecekan suhu tubuh. Di sana juga sudah ada petugas medis yang lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD).

”Pemudik yang baru datang langsung kita data dan kita cek kesehatannya. Kalau tidak ada masalah, mereka diperbolehkan pulang dengan catatan tetap melkaukan isolasi mandiri selama 14 hari,” kata Kades Mintorahayu, Dwi Totok Hadi Prasetyo, Selasa (14/4/2020).

Petugas memeriksa suhu tubuh para tamu dan warga yang masuk ke Desa Mintorahayu, Kecamatan Winong, Pati.

Dirinya menambahkan, dari data yang dimiliki, ada sebanyak 250an warga yang merantau, baik di luar daerah maupun di luar negeri. Sementara yang sudah mudik dan sampai ke desa sudah ada 55 orang.

“Mereka yang melakukan mudik sudah kita cek dan tidak ada gejala apapun. Tetapi mereka tetap isolasi mendiri,” imbuhnya.

Sementara untuk ruang isolasi, dirinya memang mengaku sengaja menyediakan hal itu. Hanya, ruang tersebut dikhususkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Sementara ada satu kamar. Ini untuk jaga-jaga kalau nanti ada yang PDP. Tetapi semoga tidak ada dan warga sehat semua,” tutupnya. (ACF/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :