Pemdes Tluwuk Bersama Karangtaruna, TNI dan IARMI Tanam Ribuan Pohon

oleh -96 kali dibaca

Pati, isknews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Tluwuk Kecamatan Wedarijaksa,Pati bersama TNI, Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI), dan Karangtaruna melaksanakan aksi penanaman pohon di sepanjang jalan desa. Sabtu, (19/12/20).

Langkah tersebut dilakukan untuk membuat Desa Tluwuk supaya lebih sejuk dan rindang. Karena desa yang berada di pesisir pantai Utara ini, dikala musim kemarau kondisi cuaca terasa panas, serta dapat menjadi resapan air dikala musim penghujan.

Menurut Suwarto, Kasi Pelayanan desa mengungkapkan, bahwa ada ribuan pohon yang rencana akan di tanam pada bahu jalan sepanjang jalan desa. Sehingga dengan tanaman yang ditanam dapat menambah resapan air pada musim penghujan, sehingga luapan air di sepanjang jalan dapat diminimalisir.

“Ada ribuan pohon yang akan di tanam di sepanjang jalan desa, kegiatan ini kami lakukan dengan menggandeng karangtaruna, TNI, Camat dan DPK IARMI kabupaten Pati.” Ungkapnya usai kegiatan penanaman.

Suwarto juga menyampaikan bahwa upaya penghijauan ini sudah diagendakan setiap tahun dengan berkerjasama baik dengan organisasi kemasyarakatan maupun dengan pihak lain termasuk dinas lingkungan hidup dan Cabang Dinas Kehutan (CDK) Pati.

“Penghijauan ini merupakan agenda pemdes bersama karangtaruna, serta menggandeng dinas terkait dan organisasi kemasyarakatan yang berada di Pati. Lanjut Suwarto.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Riyoso, Ketua DPK IARMI Kabupaten Pati melalui Sekretaris Trianto, mengatakan, IARMI Pati siap membantu setiap upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam melestarikan lingkungan melalui penanaman pohon.

” Ketua kami dan anggota IARMI Pati, akan berusaha maksimal dalam membantu program pemerintah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan kegiatan lain yang mempunyai nilai positif terhadap pelestarian lingkungan. Misal menanam pohon, bansos dan kegiatan lain,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, akan berperan aktif dengan organisasi yang lain untuk bersama-sama membantu korban bencana alam yang menimpa warga di wilayah kabupaten Pati.

“Pada musim penghujan seperti saat ini, kami siap untuk berkerja sama dengan organisasi maupun pemerintah untuk bersama – sama membantu korban banjir.” Pungkasnya. (*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :