Pemilihan Ketua OSIS Secara Online di SMA 2 Bae Kudus Lebih Praktis dan Cepat

oleh
Suasana pemilihan ketua OSIS online di ruang laboratorium SMA 2 Bae Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – SMA 2 Bae Kudus menyelenggarakan pemilihan Ketua OSIS secara online pada Kamis (22/8/2019). Diikuti 1042 peserta didik dari kelas X, XI dan XII. Pemilihan kali ini berbeda dari tahun sebelumnya yang memakai bilik.

Ada 3 Kandidat calon ketua OSIS, diantaranya Mirza Wami Hatija, M. Abib Riski, Satria Wahyu Putra dan semuanya siswa kelas XI. Sebelum proses pemilihan dimulai, mereka satu persatu dipersilahkan berorasi didepan aula, untuk menyampaikan visi misi dihadapan siswa.

“Yang dipilih yang bisa menjadi contoh buat OSIS lain, bisa memajukan sekolah baik di bidang akademik  maupun non akademik,” kata Feesya Diva Zafiera, X MIPA 5.

TRENDING :  Jamaah Haji Indonesia Dapat Perlakuan Khusus Dari Pemerintah Arab Saudi

Sementara Kepala Sekolah SMA 2 Bae Kudus, Saiful Bakri menyambut baik dan sangat mengapresiasi langkah-langkah kesiswaan dan guru IT dalam membantu dan mensukseskan pemilihan ketua OSIS tahun ajaran 2019/2020.

“Hilangkan rasa psikologikal, tapi betul betul memilih yang bisa membawa SMA 2 Bae kedepan lebih unggul,” pesannya.

Bakri mengatakan, kelebihan pemilihan secara online ini lebih praktis dan cepat dalam perhitungan suara serta menghindari golput.

“Lebih ramah lingkungan juga, karena menghemat kertas juga. Jika pakai kertas kan boros dan nggak ramah lingkungan. Kalau online kan lebih hemat kertas,” ujar Bakri.

TRENDING :  Awas! Pengusaha Tak Laksanakan UMK Bisa Dikenakan Sanksi Pidana

Secara bergiliran, siswa perkelas dikumpulkan terlebih dahulu di ruang serbaguna untuk mendengarkan aturan dan tata caranya,kemudian siswa mendapatkan nomor untuk login, kemudian menuju laboratorium.

Ia menjelaskan tata cara untuk memilih yakni para siswa langsung bisa login menggunakan nomor induk siswa (NIS). Selanjutnya klik opsi ‘Kandidat’ untuk melihat daftar visi misi kandidat, klik opsi ‘Vote’ untuk memilih.

“Klik foto kandidat OSIS untuk memilih. Dilayar monitor langsung terpampang visi misi yang diembannya selama setahun kedepan, kalau sudah lalu klik opsi log out. Jadi gak perlu hitung surat suara sudah terekam statistiknya,” lanjutnya kepada isknews.com.

TRENDING :  Saat Lebaran, Masyarakat Antusias Kunjungi Para Kiai dan Ulama' Sepuh

Ia juga menyampaikan, pemilihan ketua OSIS ini merupakan proses pembelajaran demokrasi di sekolah.

Lebih sportifitas, efektif dan efisien, dimana bisa langsung dimonitor, penghitungannya cepat dan pastinya tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar (KBM), karena sesudah memilih, para siswa kembali ke kelas masing-masing,”

“Dengan mencoba untuk berinovasi dengan menyelenggarakan pemilihan berbasis online, ini secara tidak langsung mengaplikasikan pelajaran IT dan memberikan suatu penguatan bahwa teknologi akrab dengan mereka,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :