Pemkab Rembang bersama Susu MilkLife Gelar Vaksinasi 57 Ribu Anak Usia 6-11 Tahun

oleh -1,354 kali dibaca
Vaksinasi anak di Rembang, Jawa Tengah merupakan kerja kolaboratif lintas instansi yaitu Pemkab Rembang, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kementerian Agama Rembang, Polres Rembang, Kodim Rembang hingga sektor swasta seperti PT Global Dairi Alami selaku produsen Susu MIlkLife. Kerjasama ini diharapkan dapat memicu partisipasi lebih besar dari sektor swasta guna bahu-membahu membawa Indonesia keluar dari pandemi Covid-19.

Jateng, isknews.com – Pemerintah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah berkolaborasi dengan Susu MilkLife meluncurkan program vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun. Program ini merupakan implementasi atas Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 66 tahun 2021 tentang bergulirnya vaksinasi Covid-19 di kalangan anak. Selain itu, penyelenggaraan vaksinasi juga bertujuan guna mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di tengah masyarakat serta mendukung proses pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah-sekolah.

Ditemui di sela-sela peninjauan program vaksinasi anak di SDN 2 Gunungsari, Kecamatan Kaliori, Jumat (21/1/2022), Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro, menuturkan kolaborasi lintas instansi dan elemen masyarakat membuat capaian vaksinasi di Rembang berada di atas anjuran pemerintah pusat. Saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Rembang mencapai lebih dari 80%. Sementara, warga yang telah mendapat vaksinasi dosis kedua berada di angka 49%. Raihan tersebut membuat Pemkab Rembang optimistis memasang target tinggi dalam program vaksinasi anak yakni 57 ribu siswa yang berasal dari 422 sekolah dan tersebar di 14 kecamatan.

“Dengan sebaran dan target yang besar ini, kolaborasi dari berbagai pihak tentunya diperlukan agar program dapat berjalan sukses. Untuk itu, kami memberi apresiasi terhadap berbagai instansi yang bersedia terlibat, diantaranya jajaran Dinas Kesehatan dan Puskemas, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama Rembang, Polres Rembang, Kodim Rembang juga unsur swasta seperti Susu MilkLife dan Djarum Foundation serta berbagai elemen masyarakat. Semoga kerja gotong royong ini sesegera mungkin mencapai target sehingga dapat melindungi anak-anak dari bahaya Covid-19,” tutur Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro.

Ia melanjutkan, Pemkab Rembang menargetkan 100% anak menerima vaksin dosis pertama pada awal Februari 2022 sehingga para orangtua merasa anaknya lebih terlindungi ketika mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, hingga Kamis (20/1/2022), jumlah anak yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama mencapai 36.500 anak atau 58% dari target yang diharapkan.

“Melihat banyaknya pihak yang turun tangan membantu program ini, saya optimistis vaksinasi anak akan rampung pada awal Februari untuk dosis pertama dan di bulan Maret mereka sudah memperoleh vaksin dosis lengkap. Semoga kolaborasi antara pemerintah daerah dan sektor swasta ini dapat menginsipirasi perusahaan-perusahaan lainnya agar turut ambil bagian membawa Indonesia lekas keluar dari pandemi. Mari kita bekerja keras untuk mewujudkan hal tersebut,” jelas Mochamad Hanies.

Program vaksinasi anak usia 6 -11 tahun dimulai pada 17 Januari hingga 18 Februari 2022 untuk dosis pertama. Sementara dosis kedua akan diberikan dalam rentang waktu 21 Februari hingga 25 Maret mendatang. Program ini menggunakan vaksin Sinovac yang berasal dari Dinas Kesehatan Rembang, Polres Rembang dan juga Kodim Rembang. Adapun vaksinator dan tenaga kesehatan akan diterjunkan oleh puskesmas yang berada di wilayah vaksinasi.

Direktur Marketing PT Global Dairi Alami, Soegiono, menuturkan Brand Susu MilkLife merasa terpanggil untuk ambil bagian dalam upaya melindungi anak-anak Indonesia dari bahaya Covid-19. Melansir data satgas Covid-19 RI, sebanyak 13,1% pasien positif Covid-19 di Indonesia berasal dari kalangan anak dan remaja usia 0 – 18 tahun. Untuk itu, program vaksinasi bagi anak merupakan langkah penting guna memberikan anak-anak ‘tameng’ ketika melakukan aktivitas utamanya yakni belajar baik di rumah maupun di sekolah. Sebelum Rembang, Susu MilkLife juga turut serta dalam program vaksinasi di Subang, Jawa Barat dan juga mendukung kegiatan vaksinasi anak di berbagai sekolah yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Dalam memproduksi susu MilkLife, PT. Global Dairi Alami menghasilkan susu dari peternakan sendiri yang mengusung konsep From Farm to Table yaitu mulai dari produksi susu, hingga pendistribusian sampai di meja konsumen. Kandungan gizi, dan kesegaran susu MilkLife, dihasilkan dari jenis sapi Friesian Holstein, yang dirawat dengan sangat baik mulai dari kualitas makanan sapi hingga peternakan yang dikelola dengan teknologi modern, sehingga terciptalah susu MilkLife yang berkualitas tinggi

“Seperti visi MilkLife yakni ikut serta menyehatkan masyarakat Indonesia melalui produk susu berkualitas tinggi, program vaksinasi bagi anak ini juga menjadi upaya penting guna menjaga dan memastikan anak-anak selalu sehat dan terhindar dari acaman penyakit, khususnya Covid-19. Untuk itu, kegiatan vaksinasi anak ini memang harus dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak baik dari sektor pemerintah maupun sektor swasta agar anak-anak di Rembang sesegera mungkin mendapat perlindungan melalui vaksin,” Soegiono menguraikan.

Program vaksinasi anak yang bertujuan memberi perlindungan kesehatan kepada buah hati selaras dengan kampanye #BeraniMinumSusu yang sedang diselenggarakan oleh MilkLife. Pasalnya, susu sapi segar merupakan salah satu sumber vitamin D alami yang berguna dalam menjaga imunitas tubuh. Vitamin D juga berperan penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi anak serta terbukti menurunkan resiko infeksi saluran penapasan.

“Selain itu kami imbau agar orangtua juga berperan dalam memonitoring anak untuk menjaga kesehatannya sebelum pemberian vaksin dengan istirahat yang cukup, menjaga pola makan, dan tidak melakukan aktivitas berat agar kondisi badan anak tetap sehat dan terjaga. Yang terakhir, jangan lupa untuk selalu minum susu MilkLife setiap hari,” tutup Soegiono. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :