Pendapatan Sektor Wisata Sudah Capai 60 Persen

oleh -1,007 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Hingga Juli ini, target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Jepara sudah mencapai sekitar 60 persen. PAD sektor andalan kabupaten Jepara ini tahun ini ditarget sebesar Rp.3,6 milyar. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara Deni Hendarko, Kamis (10/8/2017).

Menurut Deni, tahun ini target penerimaan pendapatan sektor wisata mengalami peningkatan sebesar Rp.600 juta. Jika tahun lalu target yang ditetapkan hanya Rp.3 milyar maka 2017 ini menjadi Rp.3,6 milyar. “Alhamdulilah hingga pertengahan tahun ini sudah diatas 50 persen,” katanya.

Deni menambahkan, target pendapatan itu bersumber dari beberapa obyek wisata andalan Jepara diantaranya Pantai Tirto Samudro Bandengan, Pantai Kartini Jepara, Kura-kura Ocean Park (KOP) dan Benteng Portugis. “Sejauh ini, yang masih menjadi andalan tentu obyek wisata pantai seperti Bandengan dan Kartini,” imbuhnya.

Selain mengandalkan pendapatan dari destinasi utama, kata Deni, pihaknya kini terus berupaya membuka beberapa destinasi lain yang tidak hanya mengandalkan keindahan pantai. Beberapa lokasi wisata yang dikelola desa terus didorong untuk dikembangkan. “Di Jepara juga banyak wisata yang dikembangkan lewat desa, seperti Desa Plajan, Songgolangit, Tempur, dan Tanjung. Ini juga kami kembangkan bersama Pokdarwis setempat,” ucap Deni.

Lebih lanjut Deni menambahkan, untuk mencapai target, pihaknya terus berupaya menarik wisatawan untuk berkunjung ke Jepara. Diantaranya menggandeng biro wisata, kelompok sadar wisata serta gencar promosi.  Kendala pengembangan pariwisata di Jepara, Deni melanjutkan, adalah letak daerah bahwa kabupaten ini bukan berada di jalur lintasan. “Yang ke Jepara karena memang bertujuan ke Jepara. Berbeda misalnya Banyuwangi. Orang mau ke Bali bisa saja mampir ke Banyuwangi dan bahkan menginap dan berwisata di sana. Kalau Jepara tidak begitu,” tandasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :