Penerapan E-Retribusi Secara Massif Gagal Dilakukan Tahun Ini

oleh

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Rencana perluasan penerapan E-Retribusi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jepara sepertinya gagal terwujud tahun ini. Masih banyaknya kendala teknis dalam penerapannya menjadi pertimbangan perluasan pemberlakuan E-Retribusi ini. Saat ini, penerapan aplikasi ini hanya dilakukan di pasar Pengkol Kecamatan Kota.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara Mustakhim mengemukakan, pemberlakuan pembayaran retribusi los dan kios di pasar tradisional melalui sistem elektronik sampai saat ini belum bisa diberlakukan secara masif.

“Awalnya kita bersama penyedia sistem berencana melakukan evaluasi pada September. Selanjutnya pada Oktober direncanakan bisa diberlakukan di pasar-pasar tradisional lain di Jepara. Namun ternyata belum siap siap dilakukan,” ujarnya, Sabtu (28/10/2017).

TRENDING :  Besok, Ribuan Calon Jamaah Haji Lakukan Manasik Tingkat Kabupaten

Menurut Mustakhim, penerapan di pasar tersebut pun masih menuai kendala. Dicontohkan, saat melakukan pengecekan isi kartu E-Retribusi, kerap tidak bisa. Dalam waktu dekat ini, katanya, akan menyurati lembaga keuangan yang saat ini menjadi penyedia sistem E-Retribusi. Jika ternyata tak mampu melanjutkan, maka dimungkinkan akan menggandeng perbankan lainnya. “Oktober ini kita akan kirim surat dulu ke penyedia sistem saat ini. Jika dijawab tidak mampu baru nanti mencari lembaga lainnya,” jelasnya.

TRENDING :  Pedagang Pasar Kliwon Belum Terima Kartu e-Retribusi

Sejak diluncurkan tepat di HUT Kabupaten Jepara pada 10 April 2017, sampai saat ini E-Retribusi baru bisa diterapkan di Pasar Rakyat Pengkol di Jalan Ahmad Yani.
Mustakhim menyebut jika kendala itu terjadi karena lembah keuangan yang digandeng Pemkab dalam pelaksanaan sistem pembayaran online itu masih menemui kendala. Itu terkait server yang disediakan masih terbatas Rencananya, server khusus akan disediakan. Tapi kemungkinan baru bisa terealisasi tahun depan. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :