Pengamanan Maksimal dan Rekayasa Lalulintas Di Pati Jelang Perayaan Tahun Baru 2020

oleh

Pati,ISKNEWS.COM-Menjelang Perayaan Tahun Baru 2020 sejumlah ruas jalan di Kabupaten Pati mengalami pengalihan. Rekayasa lalulintas dilakukan guna mengantisipasi kepadatan arus lalulintas menjelang puncak pergantian tahun. Pengguna kendaraan dari arah barat akan dialihkan melalui Jalur Lingkar Selatan (JLS) bagian barat, tepatnya mulai Tugu Bandeng.Hal tersebut dipaparkan Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun, yang melakukan pantauan langsung di lapangan beserta jajarannya, Senin (30/12).


Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun beserta jajarannya saat memantau langsung arus lalulintas di Tugu Bandeng Jalur Lingkar Selatan (JLS) bagian barat, beberapa waktu lalu. (ivan nugraha)

Kendaraan yang menuju ke pusat kota Pati, menurut Kapolres akan dialihkan, mengingat pusat hiburan peringatan Tahun Baru 2020 nanti bertempat di perempatan Puri..“Kami telah menetapkan pengalihan jalur dimulai dari jalan lingkar selatan bagian barat. Sehingga apabila ada kendaran yang ingin menuju ke kota, harus melewati pertigaan Tanjang, belok ke kiri dan langsung menuju kota. Ataupun pengendara motor bisa lurus ke arah Rembang,” jelas Kapolres.Kapolres menyebut, pengalihan arus lalu lintas itu diberlakukan mulai dari pukul 06.00 WIB hingga jam 17.00 WIB sampai tanggal 1 Januari 2020. Ini juga mengingat bahwa panggung yang didirikan cukup besar serta membutuhkan persiapan yang lama.“Sekitar 800 personil kami turunkan untuk pengamanan. Yang mana mereka bertugas melakukan pengamanan di seluruh kecamatan di Kabupaten Pati, yang melakukan acara – acara untuk menyambut tahun baru,” imbuhnya.Pasukan ditugaskan mulai sore, yaitu saat apel jam 17.00, hingga selesai kegiatan sekira jam 03.00 pagi. Kemudian, imbuh Kapolres, pada jam 02.00 masyarakat yang masih berada jalan raya dan yang masih berkumpul di pinggir jalan, diimbau agar segera kembali ke rumahnya.“Sebab dijam tersebut, merupakan jam – jam biologis manusia diterpa ngantuk. Apabila dibiarkan, akan mengalami kecelakaan maupun hal – hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain,” jelasnya.Tidak hanya melakukan rekayasa lalulintas menjelang pergantian tahun, Polisi juga akan melakukan screening terhadap masyarakat yang akan memasuki lokasi utama hiburan di perempatan Puri.“Kita hanya memastikan, apakah mereka yang datang ini membawa senjata tajam (sajam), senjata api, maupun benda – benda lain yang dapat melukai atau tidak.Dengan demikian, masyarakat yang merayakan peringatan tahun baru, dapat merasa aman dan nyaman”, pungkasnya. (ACF/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :