Peningkatan Landasan Parkir Terminal Bakalan Krapyak, Telan Beaya Rp 5,9 M

oleh -1,025 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Suasana di Terminal Wisata Bakalan Krapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, sudah beberapa hari ini, dalam keadaaan sepi. Bus-bus peziarah yang biasanya hilir mudik keluar masuk, menurunkan penumpang di teminal tersebut, tidak tampak satu pun. Demikian pula dengan puluhan becak wisata dan sepeda motor ojek, tidak antrian atau saling berebut mencari penumpang, karena semuanya sedang libur.
Perubahan yang seperti tidak biasanya itu, sehubungan dengan sedang dilaksanakan proyek pengecoran landasan parkir Teeminal Bakalan Krapyak, yang statusnya adalah areal parkir bus wisata peziarah. Bersamaan dengan proyek peningkatan landasan, juga dilakukan pembuatan atap selasar kios-kios, yang ada di kawasan terminal tersebut.
Keterangan yang dihimpun isknews.com, Kamis (19/11), Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus, mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5,9 miliar, untuk membeayai pengadaan proyek peningkatan landasan parkir terminal, dan Rp 727 juta, untuk pembuatan atap selasar kios.
Untuk pengecoran, terdiri atas dua tempat, yakni untuk bagian luar terminal, yang akan dicor adalah ruas jalan mulai depan Balai Desa Bakalan Krapyak, sampai pertigaan jalan pintu masuk terminal, volome yang dikerjakan, panjang 250 meter dan lebar 6 meter. Lalu bagian dalam terminal, yang luas seluruhnya mencapai 600 meter persegi. Hingga saat ini, pengecoran masih terus berlangsung, sejumlah truk molen, bergantian menumpahkan adonan semen ke bagian areal parkir yang kondisinya memang sudah rusak itu.
Kegiatan pembenahan fasilitas terminal wisata, yang menjadi tempat pemberhentian peziarah Sunan Kudus itu, diperkirakan akan memakan waktu sekitar 40-60 hari, sehingga selama itu pula, tempat parkir bus wisata dialihkan ke Terminal Bus Induk, Jati.
Menurut Djunaidi, petugas Dishubkominfo, yang melakukan penjagaan di pintu masuk terminal wisata tersebut, pemberitahuan mengenai pengalihan tempat parkir bus wisata itu, sudah dilakukan dengan memasang papan pengumuman, yang ditempatkan di beberapa lokasi, yang diperkirakan akan dilalui bus wisata peziarah yang akan menuju ke Terminal Bakalan Krapyak. “Tempat-tempat yang dipasaangi pengumuman itu, seperti di pertigaan Ngembalrejo, sekitar Terminal Bus Induk, perempatan Panjang, dan pintu masuk Terminal Bakalan Krapyak.”(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :