Pentingnya Memilih Kampus Dan Jurusan Yang Tepat

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Sejak kecil kita pasti punya impian untuk bisa berkuliah di kampus-kampus kenamaan. Selain itu kita juga punya jurusan yang kita pilih sendiri yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan kita lakukan saat lulus nanti. Jurusan-jurusan pilihan kita selalu berhubungan dengan pengetahuan yang kita tahu tentang dunia profesional atau terinspirasi dari idola, atau mengikuti pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh orang tua.

Universitas Indonesia (istimewa)

Namun banyak juga dari kita yang ketika sudah lulus sekolah menengah atas bingung untuk mengambil jurusan apa. Banyak sebenarnya  pertimbangan yang harus diambil saat memilih jurusan kuliah. Jangan pernah memilih jurusan dengan gegabah atau atas tekanan orang lain, karena cara memilih seperti ini akan cenderung meningkatkan resiko gagal di tengah jalan.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan jika ingin memilih jurusan yang sesuai dan terhindar dari kegagalan.

Ketahui Minatmu

Mengetahui minat atau passion kamu sangatlah penting. Ini akan sangat berhubungan dengan cepat atau lambatnya kelulusan kamu, jangan sampai ketika memulai kamu malah merasa tidak suka dengan apa yang kamu pelajari dan itu sangat mempengaruhi produktivitas kamu belajar ketika di kampus Resiko paling buruk adalah kamu akan lulus lama dan semakin banyak biaya yang orang tua atau kamu keluarkan.

TRENDING :  Satpol PP Kudus: Mari Cintai dan Patuhi Perda, Karena Perda Wibawa Kita

Salah satu cara mengetahui apa yang kamu minati juga bisa dilakukan dengan datang ke psikolog dan melakukan test minta juga bakat. Psikolog juga bisa mengetahuinya melalui sesi sharing antar kalian, lewat psikolog masalah memahami passion kita akan lebih mudah teratasi.

Setiap Orang Punya Kapasitas Masing-Masing

 Boleh memilih kedokteran sebagai jurusan favorit, tapi pastikan benar-benar kalau kedokteran sesuai atau tidak dengan kapasitas kita. Jangan paksakan apapun demi gengsi. Kedokteran mungkin jurusan yang keren bagi beberapa orang tapi untuk menuju ke sana dibutuhkan dana juga kemampuan yang tidak sedikit. Buat apa bila kita masuk kedokteran bila akhirnya hanya merugikan diri sendiri.

TRENDING :  Kurang Dari 24 Jam, Polsek Jati Bekuk Pelaku Pencurian di Rumah Kos

Untuk mengetahui kapasitas anda, konsultasikan juga dengan  psikolog. lakukan konsultasi mendalam dengan ahlinya, jangan memprediksi diri sendiri. Psikolog akan membantu mengurai kapasitas yang anda miliki.

Jangan Ikut-Ikutan Orang Lain

Boleh menganggap orang lain keren, boleh juga meminta saran pada orang lain. Tapi jangan pernah berpegang pada asas ikut-ikutan teman. Karena teman tidak tahu bagaimana kita, belum tentu juga apa yang membuat dia tertarik sama dengan kita. Setiap orang unik, setiap orang berbeda maka tidak bisa kita harus sama dengan orang lain. Yakinlah tempat kuliah baru akan memungkin anda bertemu orang baru dan menambah koneksi. Temukan kebahagian anda sendiri,trbangkan sayap selebar mungkin.

Riset Mendalam Tentang Kampus Pilihan

Memilih jurusan sama pentingnya dengan memilih kampus atau universitas pilihan. Pertama yang harus dilihat adalah akreditasi jurusan yang kita inginkan, baiknya berakreditasi A ini sangat berpengaruh juga dengan kualitas universitas baik secara infrastruktur juga kualitas dosen. Sediakan waktu untuk masuk ke berbagai situs yang memberi informasi tentang kampus tersebut. Atau langsung masuk ke website kampus tujuan.

TRENDING :  MUI Kudus Gelar Halaqoh Kebangsaan

Kalau punya waktu lebih datanglah ke kampusnya langsung untuk berbincang dengan pihak kampus sambil melihat-lihat kualitas gedung kampus tersebut.

Persiapkan Biaya Kuliah

Jangan lupa juga mencari tahu biaya kuliah di jurusan yang diincar, setelah itu hitung anggaran yang dibutuhkan. Jangan sampai berhenti ditengah jalan karena tidak memiliki biaya. Mahalnya biaya kuliah sebetulnya bisa diantisipasi dengan mempersiapkan sejak awal, lewat asuransi pendidikan.

Kita bisa mengalokasikan biaya pendidikan hingga lulus kuliah kuliah. Sudah banyak penyedia asuransi pendidikan sampai lulus sarjana, jadi jangan takut lagi untuk bergabung ke asuransi pendidikan.

Memilih jurusan dan kampus yang tepat sangatlah penting. Ini akan berpengaruh dengan karir di masa depan, jangan sekali-kali meremehkan kekuatan pendidikan yang tepat bagi seseorang. Karena bila anda melakukan pilihan yang tepat sudah akan pasti kehidupan yang lebih baik menanti, selamat mengarungi masa-masa kuliah, pastika anda di jalan yang cocok dengan passion anda.

KOMENTAR SEDULUR ISK :