Pentingnya Wasbang Bagi Pemuda Untuk Keutuhan NKRI

oleh -140 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Bagi Pemuda yang diprakarsai Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus diselenggarakan di Saung Bambu Wulung, Ngembalrejo, Kudus, Senin (09-11-2020).

Kegiatan tersebut diikuti 50 peserta dari satuan pelajar dan Pasukan Purna Paskibraka. Dengan narasumber dari Kepala Kantor Kesbangpol, Harso Widodo, Kepala Bidang Kepemudaan Disdikpora, Sunyoto, Kasi PSDP Disdikpora Agus Subandi dan Kepala UPT Dinas Pariwisata Colo Wagiman Sutrisno serta Daramil 01/Kota Capt Inf. Sukaryono.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus melalui Kabid Disdikpora Kudus Sunyoto, menyampaikan pendidikan mental untuk generasi muda sekarang sangat penting, untuk itulah tujuan dari sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan ini.

“Pendidikan wawasan kebangsaan bertujuan untuk membentuk generasi muda mengingatkan kembali nilai nilai kebangsaan, pedoman berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika,” papar Sunyoto.

Sementara, Harso Widodo selaku narasumber dari Kepala Kantor Kesbangpol Kudus menyampaikan, kebanggaan yang kita milik atas apa yang kita lakukan sebagai bagian dari pengetahuan dan berharap kita semua dapat menjadi contoh teladan.

“Kami yakin kalian semua memiliki kelebihan nilai, moral dan terbaik dari yang lainnya.” terangnya.

Kemudian, Kapten Inf. Sukaryono narasumber dari Kodim 0722/Kudus menjelaskan, bahwasanya wawasan kebangsaan sangat diperlukan di kalangan pelajar karena memiliki tujuan untuk membangun identitas bangsa di kancah dunia serta menumbuhkan semangat dan motivasi Nasionalisme.

“Generasi muda pada era globalisasi harus memiliki jiwa semangat dan motivasi nasionalisme. Selain itu untuk bersaing dalam kancah internasional perlu memiliki wawasan wiyata mandala yakni wawasan kebangsaan mencintai negeri dan bangsanya, Tetap semangat dan rela berkorban” tegasnya. (ACF/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :