Peran Pemuda Dalam Pertumbuhan Ekonomi

oleh -1,530 kali dibaca

image

Kudus,isknews.com – Indonesia ini dikenal dengan negara yang memiliki kekayaan yang melimpah, terutama dari segi sumber daya alamnya. Sumber daya alam Indonesia terdapat diseluruh penjuru indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dengan bentangan yang terdiri dari beribu-ribu pulau. Indonesia di kenal dengan negara yang memiliki tanah surga. Sungguh disayangkan ketika kekayaan alam indonesia tidak di dukung dengan sumber daya manusia yang memadai. Karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya sebuah perekonomian negara dan ketika sumber daya alam tidak mendapat dukungan dari sumber daya manusia maka akan menimbulkan banyak hal, seperti penjajah ekonomi dari negara lain. Tidak akan selesai ketika kita bergantung kepada salah satu sektor seperti, pemerintah. Karena permasalahan yang terjadi ini akan menimbulkan kompleksitas, apalagi hal tersebut menyangkut perekonomian.

Peran pemuda dalam hal ini sangat dibutuhkan. Bagaimanapun pemuda ini generasi penerus yang akan mengelola maupun mempertahankan. Ketika pemuda tidak memiliki keinginan untuk berperan, sama halnya membuka pintu lebar untuk para kaum pemilik modal yang senantiasa melangsungkan aktifitas, salah satunya eksploitasi alam seperti yang ahir ahir ini terjadi dibeberapa daerah.

Disinilah yang dikatakan bahwa peran pemuda ini sangat perlu. Dalam sebuah kutipan bung Karno “Berikan aku seribu orang tua niscaya semeru akan saya cabut hingga akarnya, tapi berikan aku sepuluh orang pemuda niscaya dunia akan saya guncangkan,”. Sudah jelas bahwa peran pemuda ini memiliki bobot yang lebih kuat dari pada kaum terdahulu untuk mempertahankan, mengelola kekayaan alam. Peran pemuda menjaga alam, sama dengan pemuda berperan dalam menumbuhkan perekonomian sebuah negara. “Ketika pohon terakhir ditebang, mata air terakhir berhenti mengalir maka disitulah manusia akan sadar bahwa uang tidak bisa dimakan dan minum,” dalam kutipan tersebut sudah jelas tergambar.

Ketika pemuda berperan dalam mengelola sumber daya alam selain dapat meningkatkan perekonomian, juga berperan dalam menjaga untuk keberlangsungan hidup bersama.

KOMENTAR SEDULUR ISK :