Percepat Herd Immunity, Warga Ngembal Kulon Kudus Antusias Ikuti Vaksinasi

oleh -1,337 kali dibaca
Kepala desa Ngembal Kulon, Moh Khanafi (Baju kuning) saat memantau warganya ikuti vaksinasi. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Anjuran untuk vaksinasi Covid-19 terus digaungkan oleh pemerintah. Dampak positifnya, antusiasme vaksinasi sangat tinggi, termasuk warga Desa Ngembal kulon Kecamatan Jati, kabupaten Kudus.

Pemdes Ngembal kulon sendiri sudah melaksanakan tahap 1 sudah ketiga kalinya, termasuk hari ini, sasarannya usia diatas 12 tahun dan tempatnya selain di Balai Desa juga di Puskesmas Ngembal kulon.Adapun vaksinasi yang digelar saat ini, merupakan hasil kerja sama dengan Polres Kudus.

“Kami sudah menggelar vasinasi tahap 1 ketiga kalinya. warga sangat antusias divaksin, pelaksanaan vaksin ini tidak hanya dilakukan di balai desa saja namun juga dilaksanakan di puskesmas Ngembal Kulon, untuk hari ini, disedikakan 250 slot vaksin jenis sinovac,” tutur Kepala desa Ngembal Kulon, Moh Khanafi  saat ditemui awak media, Sabtu (10/2/2021).

Khanafi menyebut jika Pemdes Ngembal Kulon siap mendukung pemerintah untuk Indonesia sehat, pihaknya siap membantu, karena bagian dari pemerintahan terkecil.

Masyarakat, lanjut Khanafi, terlihat antusias dalam melaksanakan vaksinasi. Hal itu sebagai upaya mempercepat kekebalan tubuh kelompok sehingga bisa memerangi wabah pandemi Covid-19.  “Sejauh ini sudah lebih dari 30 persen warga kami telah divaksin, itu sudah termasuk warga yang vaksinasi di luar Ngembal kulon, seperti di tempat kerja maupun di fasilitas kesehatan di lain tempat,” jelasnya.

Pada pelaksanaan program vaksin ini, lanjut Khanafi, kekhawatiran warga akan efek samping vaksin nampaknya semakin memudar, karena adanya kampanye yang dilakukan oleh petugas puskesmas dalam memperbesar nyali warga masyarakat, selain itu mereka juga merasa senang akan jarak penyelenggaraan vaksin tersebut dengan rumahnya begitu dekat sehingga memudahkan aktifitas warga. 

Dalam vaksinasi tersebut, Ibu Ramisih (55) salah satu warga yang mengikuti vaksin merasa senang dengan adanya acara pelaksanaan di Balai Desa Ngembal kulon. Karena jaraknya dekat dengan rumahnya dan tidak kesulitan.

“Jaraknya dekat, jadi memudahkan warga untuk vaksin, terlebih untuk usia renta,” bebernya.

Sementara  dokter Elok dari Puskesmas Ngembal Kulon mengatakan bahwa dari sejumlah warga yang datang untuk vaksinasi, adapula yang tidak bisa vaksinasi karena  faktor kesehatan atau mempunyai penyakit penyerta.

 “Yang belum bisa divaksin karena tensi terlalu tinggi (diatas 180), tensi tinggi tidak terkontrol, infeksi akut juga belum bisa,”

Pihaknya menyebut, Puskesmas pada dasarnya setiap hari bisa, asal stok vaksin ada, “Kita petugas kesehatan siap menyuntikkan vaksin asal stok vaksin ada,” jelasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :