Percepat Kekebalan Komunal, Pemkab Kudus Gencar Vaksinasi Keliling

oleh -1,157 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pemerintah Kabupaten Kudus terus gencar melakukan vaksinasi untuk menargetkan penyuntikan vaksin, utamanya yang lansia.

Bupati Kudus HM Hartopo menargetkan akhir november harus minimal 50 Persen capaian di 9 kecamatan di Kabupaten Kudus, “Terutama pada ketercapaian penyuntikan vaksinasi pada kategori lanjut usia (lansia). Untuk lansia sekarang progresnya sudah di atas 50 persen,” paparnya usai meninjau vaksinasi keliling di Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Sabtu (27/11/2021).

Sementara pada semua kategori, lanjut dia, secara keseluruhan untuk penyuntikan pada dosis pertama telah mencapai 60 persen. Oleh karenanya, pihak pemerintah daerah akan terus menggencarkan vaksinasi keliling ini.

“Sehingga nanti akhir tahun ini nanti bisa mencapai 75 persen lah, sehingga bisa membentuk kekebalan komunal di tahun 2022 mendatang,” ujarnya.

Pihaknya dalam menyamabangi warga, kembali meyakinkan semua masyarakat untuk tidak usah takut divaksin, utamanya untuk lansia. Vaksin juga tidak akan membuat orang yang disuntik berakibat sakit. “Justru sebaliknya, ketika orang itu disuntik vaksin, dia punya antibodi untuk melawan virus, sehingga nanti bila terpapar gejala tidak akan parah,” terangnya.

Hartopo menambahkan, walau telah divaksin, pihaknya berharap masyarakat tidak abai dengan penerapan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, hingga mengurangi mobilitas.

Selain dari pemerintah kecamatan, terdapat mobil vaksin dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. Hartopo menyampaikan mobil vaksin telah berkeliling di berbagai wilayah di Kudus. Diharapkan kolaborasi yang baik tersebut akan mempercepat herd immunity serta pemulihan dari masa pandemi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf yang bersinergi dalam percepatan vaksinasi di Kudus. Program ini sangat bermanfaat untuk menjangkau masyarakat hingga ke pelosok,” ucapnya.

Sementara Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan mengungkapkan, vaksinasi keliling di Kecamatan Kaliwungu terus digencarkan di tiap pekannya.

Animo dari masyarakat pun bisa dibilang tinggi. “Dengan minat masyarakat yang tinggi ini kami yakin bisa mencapai target yang ditentukan di tingkat kecamatan,” tandasnya.

Sementara Kepala Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, H.Syafi’i Noor mengapresiasi warganya yang telah ikut mensukseskan vaksinasi di Balai Desa Kaliwungu. Pihaknya dalam vaksinasi bekerjasama dengan Poliklinik Jekulo dan dari klinik Cahaya Husada.

“Antusias warga sangat bagus, yang daftar total 295 warga, diantaranya yang lansia 62, yang hamil 2, sementara 17 orang gagal divaksin karena tidak lolos saat tahap skrining. Sisanya 214 lolos, hari ini ada mobile vaksin yang bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Kemenparekraf),” terangnya.

Sebelumnya untuk lansia yang dikunjungi, kata Syafi’i, dikasih surat untuk meyakinkan karena diantaranya ada yang masih takut. Terkait vaksinasi, baru total 30 persen dari target sasaran 792 lansia, kalau total keseluruhan warga sekitar 8.333.

Sosialisasi warga untuk di kasih pengertian sudah dilakukan, termasuk menghubungi kapolsek membantu mobilisasi mempersiapkan kendaraan jemput bola. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :