Perda KLA Dalam Proses Penyusunan

oleh -491 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pemkab Kudus sedang merancang Perda tentang Kabupaten Layak anak yang tengah dalam proses penyusunan Hal itu dibuktikan dengan adanya Kabupaten Kudus yang telah memiliki gugus tugas Kabupaten layak anak. Diketahui, Kudus juga telah memiliki Perda no. 2 tahun 2013 tentang penyelenggaraan perlindungan terhadap korban kekerasan berbasis gender dan anak di Kabupaten Kudus.

Hal itu dikatakan Bupati Kudus H.M. Hartopo dihadapan Tim Verifikasi Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak melakukan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) evaluasi Kota Layak Anak tahun 2021 di Kabupaten Kudus. Kegiatan dilaksanakan secara virtual di ruang pertemuan gedung Disdukcapil kudus lantai III, Senin (07/06/2021).

Evaluasi diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi Kabupaten Kudus untuk menjadikan Kota Layak Anak. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Bupati Kudus, H.M. Hartopo, hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten Kudus Hj. Mawar Hartopo, Kepala Dinsos P3AP2KB, Plt. Kepala Bappeda, dan Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak Kabupaten Kudus yang terdiri dari Bappeda, Kominfo Kudus, dan perwakilan kecamatan.

Dalam sambutanya, Bupati Kudus H.M. Hartopo mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada pihak terkait yang terlibat dalam tahapan evaluasi tersebut. Dari sisi anggaran, Pemkab Kudus akan terus berupaya meningkatkan alokasi untuk pelaksanaan peraturan maupun kebijakan dari tahun ke tahun.

“Alhamdulillah, terimakasih dan apresiasi kepada pihak terkait dalam pelaksanaan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) evaluasi Kota Layak Anak tahun 2021 di Kabupaten Kudus. Semoga prosesnya dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan,” ucapnya.

Hartopo mengatakan bahwa Kabupaten Kudus pernah meraih penghargaan Kabupaten/Kota layak anak. Oleh karena itu pihaknya optimis prestasi yang diraih dapat dipertahankan.

“Tercatat Kudus pernah meraih penghargaan Kabupaten/Kota layak anak, tentunya hal ini dapat menjadi pelecut semangat untuk mempertahankan prestasi melalui kerja keras dan sinergi,” pesanya.

Menurutnya, kesempatan ini penting dalam menyampaikan komitmen dan kebijakan terkait implementasi Kabupaten/Kota layak anak di Kabupaten Kudus. Pihaknya mengungkapkan, tengah merancang perda tentang kabupaten layak anak. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :