Pergerakan penumpang lebaran di Terminal Bus Induk Kudus Terus meningkat, jumlah bus dan penumpang arus mudik

oleh -1,007 kali dibaca

KUDUS,isknesw.com-Sebagaimana diprediksi sebelumnya, jumlah bus dan datang penumpang arus mudik di Kabupaten Kudus, yakni yang terpantau saat memasuki Terminal Tipe-A (Terminal bus Induk) Kabupaten Kudus, dari hari ke hari semakin menunjukkan peningkatan. Jumlah bus baik yang datang atau pergi jumlahya mencapai rata-rata 100 unit lebih, sedangkan jumlah penumpang mencapai rata-rata 2000 orang lebih.
Hal itu bis dilihat di papan pengumuman yang di pasang di dalam lokasi terminal, tepatnya di depan kantor UPTD Termninal Tipe-A, Dinas Perhubungan, Komunukasi dan Informatika (Dshubkominfo) Kabupaten Kudus. Data tiga terakhir arus mudik sebelum lebaran, adalah jumlah bus yang datang 103 unit, dengan penumpang sebanyak 2.163 orang. Hari berikutnya meningkat menjadi, datang 115 bus penumpang 2.645 orang, berangkat 102 bus penumpang 2.346 orang, dan pada hari ketiga, , jumlah bus yang datang sebanyak 122 unit, yang mengangkut penumpang sebanyak 2.850 orang, sementara yang bus yang berangkat 115 unit, dengan jumlah penumpang sebanyak 2.415 orang.
Kepala Dishubkominfo Kabupaten Kudus Drs Suprihadi, melalui Kepala UPTD Terminal Tipe-A, Suwarno SH, dalam keterangnya kepasaisknews.com, baru-baru ini, mengatakan pada leberan 2015 ini pergerakan penumpang, khususnya arus mudik, peningkatannya masih dalam batas kewajaran, dengan kata lain seperti lebaran tahun-tahun sebelumnya, yakni sekitar 5-10%.
Beberapa langkah yang dilakukan oleh tim gabungan Dishubkominfo, Polres, TNI, Pol PP dan dinas terkait, adalah mengaktifkan pos pemantauan dan pengawalan yang sudah dioperasikan sejak H-4 sebelum lebaran, dan memantau daerah rawan kemacetan kemacetan dan rawan laka lantas. Untuk daerah rawan macet sebanyak 11 titik, diantaranya untuk wilayah barat di Jalan Raya Kudus-Jepara Km -4, depan terminal bus induk, depan Kudus-Plaza (Matahari), dan depan Pasar Kliwon
“Sementara untuk untuk daerah lawan laka lantas, diantaranya Jalan Raya Kudus Pati Km-8 (Sumber Bulusan) dan Km-13 (Pura Terban), dan jalan lingkar timur selatan kilometer 13, berupa tikungan yang cukup tajam.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :