Peringati Hakordia 2020, Bea Cukai Kudus Ajak Generasi Milenial Menjaga Integritas

oleh -130 kali dibaca
Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, saat memperkenalkan dihadapan generasi milenial apa itu Bea Cukai dan apa peran serta Bea Cukai Kudus bagi negara.

Kudus, isknews.com – Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) yang jatuh pada 9 Desember 2020, Bea Cukai Kudus mengadakan kegiatan Customs Goes to School (CGTS) Hakordia dengan tema “Jaga Integritas Diri, Pulihkan Negeri di Kala Pandemi”.

Kegiatan yang dilaksanakan Jumat (11/12/2020) ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membuka wawasan tentang kepabeanan dan cukai bagi generasi-generasi muda dari kalangan pelajar. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari 8 SMA dan SMK di eks-Karesidenan Pati.

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, secara singkat memperkenalkan apa itu Bea Cukai dan apa peran serta Bea Cukai Kudus bagi negara.

“Kegiatan Customs Goes to School dan peringatan Hakordia kali ini merupakan sarana sosialisasi yang bertujuan untuk memperkenalkan Bea Cukai kepada generasi milenial khususnya pelajar. Selain itu sikap anti korupsi perlu ditumbuhkan sejak dini sehingga tahu apa dampak dari perbuatan korupsi itu,” kata Gatot dalam sambutannya.

Materi yang disampaikan antara lain tentang barang bawaan penumpang, barang kiriman, registrasi IMEI, waspada penipuan mengatasnamakan Bea Cukai, gempur rokok ilegal, dan budaya anti korupsi yang disampaikan oleh tiga orang narasumber. Para siswa tampak begitu antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Banyaknya siswa yang aktif mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan menunjukkan bahwa mereka menyimak materi secara serius.

Suksesnya penyelenggaraan CGTS Hakordia ini diharapkan membuka wawasan para siswa yang hadir seputar materi yang telah disampaikan khususnya mengenai tema yang sedang hangat antara lain registrasi IMEI, waspada penipuan mengatasnamakan Bea Cukai, dan membangun budaya antikorupsi sejak dini. Tidak berhenti di webinar saja, kegiatan ini juga ditindaklanjuti dengan mengadakan lomba video pendek bertema antikorupsi yang dengannya semoga semakin mengokohkan jiwa-jiwa antikorupsi di kalangan generasi muda, generasi milenial. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :