Peringati Harganas ke-27, Pemkab Kudus Targetkan 1226 Akseptor

oleh
Peringatan Harganas tingkat Kabupaten Kudus di Puskesmas Wergu Wetan, Senin (29/06/2020). (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020, BKKBN melakukan Pelayanan KB Serentak ( Sejuta Akseptor ) di seluruh Indonesia agar tercatat dalam rekor MURI Indonesia.

Dari target itu, Pemkab Kudus melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) menargetkan sebanyak 1226 Akseptor terdiri dari 86 akseptor IUD dan IMPLAN, 447 Akseptor Suntik, 693 Akseptor PIL dan Kondom.

Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Sosial P3AP2KB Kudus Sutrimo melalui Heri Akhiri Riyanto Kasi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga saat ditemui wartawan dalam peringatan Harganas di Puskesmas Wergu Wetan, Senin (29/06/2020).

Ia menjelaskan,Harganas kali ini mengangkat  tema” Melalui Keluarga kita wujudkan Sumber Daya Manusia Unggul menuju Indonesia Maju” dengan .

“Adapun pencatatan dan pelaporannya melalui Google form dapat dilakukan mulai jam 08.00 s.d 16.00 WIB, khusus KB pasca Persalinan dapat dilaporkan mulai jam 00.00 WIB s.d 16.00 WIB,” paparnya.

Dikatakan Heri, sebelumnya pihaknya telah melakukan pendataan, KIE, pencatatan dan pelaporan kegiatan pelayanan KB dalam rangka HARGANAS tersebut.

“Dibutuhkan sinergitas semua pihak,” ungkap Heri. Diantaranya Dinas Kesehatan Kabupaten melalui Jejaring dan jaringannya (Rumah sakit, Klinik, Puskesmas, Dokter Keluarga, Bidan Praktek Mandiri, Puskesmas Pembantu, PKD, Pusling) agar dapat mendukung dan membantu dalam penyebaran informasi kegiatan, pelayanan kegiatan kesehatan, data akseptor KB dalam rangka HARGANAS dengan tetap memperhatikan Kaidah Protokol kesehatan pandemi Covid 19.

Sementara Kodim melalui Banbinsa agar dapat memberikan Komunikasi, Informasi, Edukasi ( KIE ) kepada masyarakat guna mendukung dan peran serta dalam ikut pergerakan akseptor secara aktif melakukan kontrasepsi di tanggal 29 Juni 2020.

PKK Kabupaten melalui PKK Desa dan kecamatan juga berperan membantu menggerakan warga / Akseptor, dan Ikatan Bidan Indonesia ( IBI ) cabang Kudus dengan HUT IBI agar dapat bersinergi dalam kegiatan HARGANAS dengan melakukan pelayanan KB serentak.

Selain itu, IPKB melalui PLKB / PKB dan kader IMP dapat melakukan KIE, pemberian ALKON Kondom, PIL Ulang, pendataan dan pencatatan Akseptor KB bekerjasama dengan FASKES guna persiapan tanggal 29 Juni 2020.

Untuk itu, Heri juga mengajak semua pihak agar menjadikan hari keluarga sebagai momentum untuk melakukan intropeksi, evaluasi, dalam membangun kelurga.

“Kami berharap semoga Harganas ke-27 ini dapat dijadikan daya ungkit bagi sinergitas antara BKKBN, dengan TP PKK Pemerintah Daerah dalam membangun bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :