Peringati Hari Jadi Kudus, DPD LDII Kudus Gelar Festival Anak Sholeh dan Bazar

oleh -657 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Kudus menggelar acara Festival Anak Sholeh (FAS) pada hari Minggu (25/9/2022) di Gedung Serba Guna (GMG) Syaifudin Zuhri, Desa Panjang Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus.

Acara tersebut turut memperingati hari jadi Kota Kudus ke-473. FAS sendiri merupakan event tahunan, dan tahun ini kembali digelar setelah vacum karena covid 19, dengan kategori lomba untuk tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA.

Acara yang digelar setiap dua tahun sekali itu dihelat berbagai jenis perlombaan untuk tingkat PAUD hingga SMP. Diantaranya Lomba mewarnai, Lomba praktek adzan, Lomba pildacil, Lomba praktek sholat, Lomba bacaan tilawati dan Al-qur’an, Lomba hafalan doa dan tahlil, Lomba praktek sholat berjamaah, Lomba cerdas cermat. Sementara untuk tingkat SMA digelar lomba bazar.

Acara yang diikuti peserta dari 9 Pengurus Cabang di Kudus itu bertemakan “Melalui Festival Anak Sholeh, Mencetak Generus Kudus Berdaya Guna yang Berilmu, Berakhlakul Karimah dan Mandiri”.

Ketua DPD LDII Kabupaten Kudus, Muhammad As’ad mengatakan, FAS merupakan salah satu program pembinaan generasi penerus untuk membentuk karakter religius anak sejak dini. Sementara dengan bazar tujuannya memperkenalkan produk hasil karya siswa kepada para tamu undangan. Serta memberikan kesempatan generasi muda untuk belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkup kecil.

“Festival anak sholeh ini merupakan bagian dari pembinaan generasi penerus islam,”

As’ad juga berharap agar kegiatan ini dapat menguatkan karakter, meningkatkan semangat dan kreatifitas. Para peserta yang berjumlah 173 itu diharapkan kelak menjadi anak yang Sholeh, Alim, Faqih dan bisa Mandiri.

“Selain itu, sebagai ajang pembinaan dan peningkatan semangat dan kreativitas untuk mengasah kemampuan mereka melalui lomba yang dilaksanakan,” ungkapnya.

Untuk menciptakan iklim yang sehat, lanjut As’ad, LDII memiliki visi-misi mulia untuk mendukung pemerintah dalam membina umat islam, dimana DPD LDII Kudus sudah melakukan kegiatan pembinaan umat melalui pengajian rutin dan kegiatan lainnya.”

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kudus, Suhadi yang diwakili Kasubag TU, Shony Wardana memberikan apresiasi ke[ada gelaran FAS DPD LDII Kudus 2022.

”Saya sangat mendukung program demikian karena festival semacam ini karena banyak manfaatnya. Diantaranya menanamkan iman dan taqwa, menumbuh kembangkan bakat pada generus untuk tampil di muka umum, melatih keterampilan menghafal, bertatap muka dengan khalayak, juga melatih pendidikan untuk mempersiapkan diri dan mengevaluasi diri sejauh mana keberhasilannya dalam membina generus, serta menunjukkan bahwa LDII juga punya program yang bersinergi dengan ormas lain dalam membina umat untuk menumbuhkan generasi yang Islami dan Qurani” jelas Shony. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :