Peringati Hari Jadi Kudus, PT. Nojorono Kudus Tanam 473 Tabebuya

oleh -231 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Memperingati Hari Jadi Kudus yang ke-473, PT. Nojorono Tobacco International melalui Corporate Social Responsibility (CSR) melaksanakan penanaman tabebuya untuk mempercantik Kota Kudus.

Pantauan isknews.com, Kegiatan penanaman diawali dengan apel di kawasan jalan Boulevard, Desa Jati Wetan Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Sabtu (24/9/2022) pagi.

Usai apel, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman secara simbolis oleh Bupati Kudus HM Hartopo, Presiden Direktur PT. Nojorono Stefanus JJ Batihalim, CSR Departement Head T.Sugiyanto, Sekretaris Daerah Sam’ani Intakoris, Kepala Dinas PKPLH Abdul Halil, Ketua Kwarcab Mawar Hartopo dan OPD terkait.

Setelah itu dilakukan penanaman secara serentak oleh seluruh peserta kegiatan penanaman, termasuk sejumlah anggota pramuka dari Saka Kalpataru Kwarcab Kudus juga ikut berkontribusi menanam pohon.

Presiden Direktur PT.Nojorono, Stefanus JJ Batihalim mengatakan, Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepeduliannya dalammelestarikan lingkungan. Hal tersebut didukung melalui kerjasama dengan Pemkab Kudus dan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus.

“Jumlah bibit tabebuya yang ditanam disepanjang jalan Boulevard berjumlah 473 bibit, dan termasuk dalam rangkaian Perayaan HUT Kab Kudus ke-473,” katanya.

Dikatakannya, pohon tabebuya diharapkan bisa berkembang setelah lebih dari dua tahun masa penanaman. Nantinya, kawasan jalan Boulevard akan dipenuhi dengan warna-warni bunga tabebuya dan kualitas udara menjadi lebih baik.

“Kalau berkembang, tentunya kawasan sini akan lebih indah dan sejuk,” tuturnya.

Sementara CSR Departement Head Bapak T.Sugiyanto menambahkan, pihaknya akan bersinergi dengan Dinas PKPLH untuk penanaman selanjutnya di beberapa titik di Kudus, “Kami akan bersinergi dengan Pemkab Kudus, dalam hal ini dinas PKPLH, semoga green house kami (Nojorono) bisa berkontribusi untuk Kudus,” harapnya.

Terkait penanaman 473 tabebuya, Bupati Kudus HM Hartopo mengucapkan terima kasih kepada PT. Nojorono yang telah menjalin sinergi kuat dengan Pemkab Kudus. Dukungan itu menjadi energi positif untuk keberlangsungan penataan lingkungan Kabupaten Kudus.

“Terima kasih kepada PT. Nojorono atas dukungan dan kepeduliannya merawat lingkungan Kabupaten Kudus,” ucapnya.

Nantinya, lanjut Hartopo, selain sebagai estetika, barisan pohon tabebuya itu bisa mencegah bencana seperti banjir. Pasalnya, akar pohon yang menancap akan menyimpan air sehingga tak menggenangi kawasan Jati Wetan.

“Pohon tabebuya ini sangat bermanfaat nantinya, bisa menyimpan cadangan air sehingga mencegah bencana alam seperti banjir,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PKPLH Kudus Abdul Halil menyampaikan pihaknya dan PT. Nojorono akan berkolaborasi untuk merawat pohon tabebuya. Dirinya berkomitmen untuk mengupayakan agar Kabupaten Kudus makin rindang, sejuk, dan hijau.

“Ini merupakan komitmen kami bersama PT. Nojorono menjaga bibit sampai nantinya berkembang sehingga kawasan jalan Boulevard menjadi lebih hijau dan sejuk untuk menambah keindahan kota Kudus,” jelasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :