Peringati Milad 100 Tahun TK Aisyiyah Bustanul Athfal, PDA Kudus Gelar Expo dan Pentas Seni

oleh

Kudus, isknews.com – Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Kudus menggelar Gebyar Expo dan Pentas Seni dalam rangka memperingati Milad 1 Abad TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Sebagai puncak acara peringatan, kegiatan ini melibatkan puluhan guru, ratusan siswa beserta orang tua yang diselenggarakan di Gedung Graha Mustika, Sabtu (21/09/2019).

Menurut ketua PDA Kudus, Khosifah Sejarah mencatat bahwa bermula dari Kauman pada tahun 1919 ‘Aisyiyah merintis berdirinya pendidikan anak usia dini yang pada saat itu diberi nama Frobel School.

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus Hj. Mawar Hartopo dan Ketua PDA Kudus Hj Khosifah pada pengguntingan pita pembukaan Expo Gebyar Expo dan Pentas Seni Milad 1 abad TK ABA (Foto” Istimewa)

“Di kala para orang tua saat itu disibukkan bekerja sebagai buruh batik, anak-anak bermain tanpa pendampingan, ‘Aisyiyah terpanggil untuk memberikan pencerahan, pencerdasan, pendidikan, dan pembinaan sejak dini dengan penanaman nilai-nilai iman, ilmu, dan amal,” ujar Khosifah.

Saat ini ‘Aisyiyah Bustanul Athfal telah berkembang di seluruh nusantara dari Sabang sampai Merauke sementara di Kabupaten Kudus sendiri PDA mengelola 26 buah TK, RA dan TPQ yang tersebar di seluruh Kecamatan di Kabupaten Kudus.

Mawar Hartopo dan sejumlah pengurus PDA berpose di salah satu stand peserta Gebyar Expo (Foto: istimewa)

Lebih lanjut Khosifah  mengungkapkan rasa terima kasihnya pada guru-guru pendidik TK ABA. Bahwa dalam pengabdiannya untuk pendidikan, ia percaya guru TK ABA memiliki dedikasi yang tinggi, mengajar dengan hati, berkhidmat untuk negeri.

“Kami yakin bahwa para guru TK ABA telah terpanggil jiwa pengabdiannya untuk terus berkomitmen mencerdaskan anak bangsa, menyiapkan generasi emas 100 tahun NKRI nanti untuk tahun 2045.” Katanya.

Sementara itu Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus Hj. Mawar Hartopo yang hadir dalam kegiatan tersebut dalam sambutannya  menyampaikan  apresiasi dan ucapan selamat milad satu abad kepada TK Aisyiyah Bustanul Athfal.

Dirinya juga mendoakan agar TK dibawah pengelolaan dari Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Kudus semakin sukes dalam mendidik generasi anak usia dini.

“Selamat Milad 1 Abad TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Semoga tambah sukses dalam mendidik generasi penerus, sudah terbukti mampu menyelenggarakan pendidikan yang baik untuk anak usia dini, kami sangat mengaprsiasi kegiatan expo dan pentas seni yang ditampilkan tadi sangat luar biasa,” ujarnya.

Sebagai seorang ibu yang mempunyai anak balita, Mawar Hartopo juga berbagi masalah penggunaan gadget pada anak. Dirinya bercerita, anak zaman sekarang semakin akrab dengan teknologi, sehingga penggunaan gadget untuk bermain tak dapat dihindari. Oleh karena itu, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengontrol dan membatasi anak dalam menggunakan gadget.

Dalam hal ini, dirinya mengajak para orang tua siswa untuk menerapkan aturan yang bijak kepada anak tentang dimana dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan gadget.

“Saya ingin sharing mengenai perkembangan anak zaman sekarang yang kecerdasannya semakin tinggi dan semakin akrab dengan teknologi. Seringkali ketika anak-anak bermain gadget tidak terkontrol, sehingga bermain tanpa kenal waktu. Untuk itu, agar orang tua dapat mengurangi penggunaan gadget pada anak di rumah dengan menerapkan aturan, sehingga anak tahu kapan harus berhenti bermain gadget,” pesannya.

Kabid Paud dan Dikmas pada Disdikpora Kabupaten Kudus, Khodori menilai di usia TK Aisyiyah Bustanul Athfal yang ke 100 Tahun merupakan bukti kematangan sebuah lembaga pendidikan. Hal tersebut tentunya menjadi indikator bahwa pengelolaan TK dibawah Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Kudus telah teruji dan berkualitas.

Pihaknya berpesan, agar apa yang telah berjalan dengan semestinya dapat terus dipertahankan dan diikuti oleh peningkatan kualitas tenaga pendidik. Kemudian untuk orang tua siswa, dirinya berpesan untuk selalu memperhatikan kebutuhan gizi pada anak, sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak dapat selaras.

“Utamakan pelayanan kepada masyarakat, jangan sampai anak usia anak dini terlewatkan atau tidak terpenuhi kebutuhan pendidikan di tingkat PAUD. Tugas sebagai guru harus berkualitas untuk mengantarkan peserta didik supaya bisa berkualitas.

Diperlukan langkah strategis untuk meningkatkan dan mengembangkan pendidikan, sesuai sengan tema Milad 1 Abad TK Aisyiyah Bustanul Athfal berkhidmat untuk negeri, seluruh komponen senantiasa melaksanakan perannya secara maksimal,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Hj. Sri Utami melaporkan bahwa Gebyar Expo dan Pentas Seni Milad 1 Abad merupakan puncak kegiatan rangkaian peringatan milad.

Expo terbagi menjadi dua kegiatan yaitu education expo dan pentas seni untuk menggali potensi peserta didik. Bagi tenaga pendidik juga akan mengikuti seminar nasional oleh Universitas Muhammadiyah Semarang untuk meningkatkan keprofesionalan kepala sekolah dan guru.

“Rangkaian kegiatan telah dilakukan diantaranya dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan yakni seleksi PAUD percontohan tingkat daerah dan telah mengikuti di tingkat provinsi kejuaraan  yang mendapat ranking 6. Sebagai bentuk apresiasi perjuangan tenaga pendidik, telah diserahkan penghargaan kepada guru dan kepala sekolah teladan,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :