Perlu Aturan Baku Tata Kelola Sampah CFD

oleh -613 kali dibaca

ISK 02/03,Car Free Day dicanangkan beberapa tahun dengan harapan mampu memberikan waktu untuk masyarakat Kudus bersantai dan menikmati udara Pagi tanpa asap Kendaraan bermotor.

Persoalan yang mengemuka yakni kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya dirasa masih sangat kurang.

Kepala Dinas Cipkataru melalui Kabid.Pertamanan dan Kebersihan Siti Rochimah menjelaskan bahwa pihaknya setiap event CFD memperoleh sampah hingga 3 – 4 ton.!!

” Kami memang sengaja segera menurunkan sejumlah tenaga kebersihan di berbagai titik agar Simpang Tujuh segera bersih.” Paparnya.

Memang persoalan sampah di CFD ini bukan semata mata menjadi persoalan Dinas Cipkataru namun kesadaran masyarakat yang wajib ditingkatkan dengan menyediakan tempat sampah plastik pada setiap pedagang.

Pedagang harus bertanggungjawab pada setiap temuan sampah pada setiap sudut CFD sehingga akan muncul kesadaran mengingatkan pembeli untuk tidak membuang sampah secara sembarangan.
Simbiosis semacam ini diharapkan akan mampu memunculkan kesadaran pengunjung CFD untuk bisa turut serta menjaga kebersihan.

Jadi,hadirnya Dinas Cipkataru untuk membersihkan lokasi eks CFD bukan hanya sebagai ember disaat rumah kita bocor,namun mampu memberikan edukasi serta meningkatkan kesadaran pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
Admin

KOMENTAR SEDULUR ISK :