Pertama Kalinya, Tim Hisab dan Rukyat Kudus Melihat Hilal dari Atas Gedung UMK

oleh -1,165 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Tim Rukyatul Hilal oleh Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kementerian Agama Kabupaten Kudus pada sore ini di Universitas Muria Kudus (UMK) Sabtu, (24/06), berhasil melihat hilal pada pukul 17.3 WIB. Demikian laporan langsung isknews.com dari lantai teratas Gedung J UMK. Jika hilal tersebut dinyatakan sah, Idul Fitri jatuh pada Minggu (25/6).

M. Agus Yusrun Nafi’, Ketua Tim Ahli BHRD mengatakan, pertama kalinya yang melihat adalah ketua BHRD Kudus, Drs H. Sulthon, kemudian saya sendiri, kemudian Isyfa’ arifin. Setelah yakin terlihat, kami di sumpah sebagai saksi (orang yang meyakini melihat hilal) oleh Hakim dari Sholih Pengadilan Agama Kudus didampingi panitra. “Meski cuaca terlihat mendung didaerah UMK, Alhamdulillah, cuaca dari objek yang kita pantau bisa terlihat,” Jelasnya

Sebelum rukyat dimulai, dirinya mengatakan kepada hadirin, Jika hitungan dimulai pukul 17.33, dan selama 13 menit melangkah kita pantau sebelum hilal terbenam pada 17.45 WIB, terlihat atau tidaknya selanjutnya akan di simpulkan. sedangkan posisi saat itu, azimuth matahari 293 derajat, 26 menit, 01 detik, sedangkan posisi azimuth hilal 290 derajat, 07 menit, 53 detik.

Dikatakan, Dalam proses pengamatan hilal di UMK sore ini, kami menggunakan beberapa alat pendukung, 1 Teropong digital untuk mengikuti Gerakan hilal,m dan juga Theodolit 1 sebagai penyeimbang.

Sore ini hilal (bulan) pada posisi 03 derajat 18 menit, 08 detik yang berada di selatan matahari, dengan ketinggian hilal mencapai 03 drajat 43 menit 38 detik dan umur bulan 07 jam 25 menit 8,44 detik.

Beberapa para ahli ilmu Falak pun turut hadir dalam kegiatan pengamatan hilal sebagai penentuan awal bulan suci Ramadan 1437 H diantaranya BHRD Kemenag Kudus, STAIN Kudus, PC Lajnah Falakiyah NU, Kudus Astronomi Club, Tim Hisab Rukyat Ponpes Sirajul Hannan, dll.

“Keputusan resmi mengenai hari raya Idul Fitri tetap diputuskan dalam sidang isbath oleh pemerintah pusat.” tutupnya (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :