Perwakilan Kwartir di Kudus ikuti Pembinaan Pramuka

oleh -984 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kwartir Ranting pada Kwarcab Kudus mendapat Kursus Pengelolaan Kwartir Ranting (KPKR) oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah. Kegiatan diikuti empat puluh peserta dari utusan kwartir seluruh kecamatan di Kabupaten Kudus.

Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni hadir membuka jalannya acara dengan didampingi Perwakilan Kwarda Jateng, Mulyana sebagai narasumber di Graha Muria Colo, Senin (1/11/2021).

Dalam sambutan membuka acara, Mawar Anggraeni sangat mengapresiasi kehadiran pendamping dari Kwarda Jateng untuk membina Kwartir Ranting. Kwartir Ranting yang bertugas membina dan membantu para Pembina Pramuka di gugusdepan dan Pamong Saka, didorong untuk untuk semakin meningkatkan keterampilan berorganisasi. Sehingga, terciptalah kualitas pendidikan kepramukaan yang optimal pada gugus depan serta Saka Pramuka. 

“Harus mampu mengantarkan peserta didik gugusdepan sampai ke tujuan Gerakan Pramuka. Sebagai upaya terciptanya gugusdepan yang terampil dan kreatif, maka pengelolaan Kwartir Ranting juga perlu ditingkatkan,” tuturnya.

Sementara itu, Mulyana, sebagai pendamping dari Kwarda Jateng mengatakan bahwa KPKR bertujuan untuk menata kembali dan menyamakan persepsi dalam pengelolaan Kwartir Ranting. Ia menyebut bahwa Kwartir Ranting memegang peran penting dalam menjalankan roda organisasi sesuai porsi dan aturan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk memberi teladan dan arahan yang terbaik bagi anggota gugusdepan sebagai peserta didik. 

“Saya mengajak kakak-kakak menjalankan roda organisasi dengan sebaik-sebaiknya sesuai peraturan. Serta senantiasa mengarahkan dan membina gugus depan sebagai peserta didik,” tuturnya. 

Acara dimulai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Ketua Kwarcab, dan selanjutnya diikuti seluruh peserta yang menjadi perwakilan Kwartir Ranting masing-masing kecamatan. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :