Peserta JKN-KIS Tetap Dilayani Selama Libur Lebaran

oleh
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Surmiyati menyampaikan pemaparan “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan”, di lantai 2 Hotel New Merdeka, Pati, beberapa waktu lalu. (ivan nugraha)

Pati,ISKNEWS.COM- Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tetap bisa menggunakan fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS selama libur lebaran. Tepatnya mulai H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, atau 29 Mei – 13 Juni 2019.


Hal itu bertujuan guna memberikan kemudahan bagi peserta yang bepergian ke luar kota (mudik). Selain itu, jika dokter rujukan tutup, peserta tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di mana pun itu dan tanpa dipungut biaya sepeserpun, demikian dikatakan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Surmiyati beberapa waktu lalu.


“Peserta bisa dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan dasar, jika tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP,” terangnya.

TRENDING :  177 Bidan Desa Terima SK CPNS


Ditambahkan, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif. Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS diharapkan dapat memastikan bahwa status kepesertaannya aktif dengan disiplin membayar iuran dan selalu membawa kartu JKN-KIS.


“Untuk mengecek status kepesertaan dan melihat riwayat tagihan atau pembayaran iuran JKN-KIS, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Selain itu, kami juga mengembangkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di-download secara gratis di Playstore dan Appstore,” ungkapnya dalam Konferensi Pers “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan”, di lantai 2 Hotel New Merdeka, Pati, beberapa waktu lalu.

TRENDING :  Kini Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Bisa Melalui Lembaga, Koperasi dan Yayasan


Layanan kesehatan tersebut bisa diperoleh peserta di FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Untuk daftar FKTP bisa dilihat di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan, atau menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

TRENDING :  Tuntaskan JKN, Pemkab Jalin Kerjasama Dengan BPJS


“Kita ada lima petugas on call yang siap dihubungi. Yakni Regina Br Silulingga 08112798994, Bonaventura A.S 08112751277, Noerwida R Sasiwi 081325741447, Slamet Widodo 08112644248, dan Dita Utaminingsih 08112547656,” jelasnya.


Dalam kesempatan tersebut, Kabid PSDK Dinkes Pati, Luther juga menambahkan, bagi pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa datang ke posko mudik.


“Di Pati ada beberapa titik posko yang menyediakan ambulan dan tenaga medis. Seperti di Depan Terminal Pati, GOR Puri, Dua kelinci, Widorokandang, Juwana dan Sukolilo,” pungkasnya. (IN/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :