Pesta 10.000 Jagung ‘GRATIS’, Sajikan Pagelaran Budaya Tradisional Hingga Milenial

oleh -1,539 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pesta 10.000 jagung digelar di Pijar Park, Desa Kajar Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Sabtu (18/12/2021). Kegiatan yang dikemas dengan memadukan pagelaran budaya tradisional dan milenial itu dilaksanakan dari pagi hingga malam.

Yusuf, Direktur Pijar Park mengatakan bahwa kegiatan hari ini di Pijar Park, masyarakat dipersilahkan  untuk pesta makan jagung bersama sembari menikmati sajian pagelaran budaya.

“Kami sajikan jagung bakar gratis untuk menemani pagelaran budaya tradisional dan milenial, berharap dengan adanya pagelaran tersebut bisa memberikan hiburan tersendiri untuk pengunjung, terutama pagelaran tradisionl, supaya kenalkearifan lokal, diantaranya Kesenian, karawitan, buday dan sore-nya akustik an,” kata Yusuf kepada wartawan disela-sela acara.

Selain itu dengan adanya festival ini, kata Yusuf, bisa mengangkat petani jagung yang ada di Desa Kajar. karena menurutnya petani jagung agak menjadi di lematis, apalagi kabarnya negara mau impor jagung.

Yusuf berharap, event ini seperti halnya festival kopi yang bulan September lalu diadakan, hasilnya sangat menakjubkan, sedikit banyak pedagang atau orang dari luar ada yang ngambil kopi muria, “Jadi kegiatan ini merujuk pada festival kopi bulan lalu yang bisa di bilang sukses,” paparnya.

Sementara Kepala Desa Kajar, Bambang Totok Subianto menambahkan, kegiatan tersebut sangat bagus sekali, terutama untuk meningkatkan nilai ekonomi petani jagung di Desa Kajar, seperti halnya pada September lalu (festival kopi) yang mengangkat produksi dan nilai jual hasil bumi Kudus.

Untuk jagung sendiri, kata Bambang, bisa di buat varian olahan, diantaranya bungkus jagung,  lepet, ento-ento, gorog-gorog dan lainnya.

Terlebih, pihaknya di bantu dukungan dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus dan Pemerintah Desa melalui BUMDes.

Selain itu, adanya unsur kebudayaannya, untuk bangun potensi. seperti Gamelan, tari-tarian dan lainnya. Ada tari genteng dari Ngembal Kudus, dan Budaya-budaya lokal lainnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :