Pesta Demokrasi Pemilu 2024, Rutan Kudus Siap Ikut Andil

oleh -1,204 kali dibaca
Kepala Rutan Kelas II B Kudus Solichin saat didampingi Komisioner KPU Kudus Ahmad Kholil (Baju Putih) dan petugas rutan. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus memberikan sosialisasi sosialisasi tentang Pemilu 2024  terhadap Narapidana yang telah mempunyai hak pilihnya.

Acara yang di gelar di Aula rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Kudus itu berlangsung pada Senin (4/12/2023) pagi.

Kepala Rutan Kelas II B Kudus Solichin mengatakan siap ikut andil dalam kontestasi pesta demokrasi tahun 2024. Terdapat semangat yang sama di Rutan kelas II B Kudus dalam menyambut tahun politik 2024. Tidak hanya warga binaan pemasyarakatan (WBP), Petugas Rutan Kudus juga turut andil dalam Pemilu 2024.

“Kami memiliki kewajiban untuk tetap memberikan hak pilih Warga Binaan, Ini akan menjadi bukti dan menghapus stigma di masyarakat bahwa Lapas atau Rutan menghalangi keikutsertaan WBP dalam pemilu selama ini”, ujar Karutan.

Apalagi, kedatangan KPU ini menginformasikan tentang tahapan-tahapan Pemilu 2024 kepada warga binaan.

”KPU sudah jemput bola. Warga binaan rutan Kudus ini juga seperti apa nantinya ketika mereka menggunakan hak pilihnya. Sementara ini, ada 183 warga binaan yang sudah punya hak pilih,” terangnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kudus Ahmad Kholil mengatakan, dalam sosialisasi itu diantara lain terkait pelaksanaan pemungutan suara, daerah pemilihan untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten Kudus, contoh surat suara, tata cara pemungutan suara, dan lainnya.

“Jadi para warga binaan mengetahui gambaran keseluruhan di Pemilu 2024 nanti, dan kita sosialisasi juga terkait kondisi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Rutan, ” ujar Alan (sapaan akrabnya). (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :