Petani Kencur Temukan Gading Stegodon, Tambah Koleksi Museum Patiayam

oleh -1.131 kali dibaca
Petugas Museum Purbakala Patiayam, Jamin saat menunjukkan temuan gading gajah. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Warga Dukuh Karangsudo, Desa Terban Kecamatan Jekulo, Kudus, Paijan telah menemukan Fragmen gading gajah purba atau Stegodon Trigonocephalus saat tengah melakukan panen kencur di Gunung Srumpit pada Sabtu (4/9/2021).

Petugas Museum Purbakala Patiayam, Jamin membenarkan adanya temuan tersebut.  Jamin menceritakan jika Gading Gajah Purbakala itu ditemukan pada awal bulan September 2021 lalu dan memiliki panjang 1,5 meter dengan diameter tengah berkisar 12-14 cm.. Kini, fragmen fosil gading gajah purbakala itu disimpan di Museum Purbakala Patiayam.

“Fragmen fosil gading gajah purbakal) ditemukan oleh Bapak Paijan, warga Dusun Karangsudo, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus pada tanggal 4 September 2021 saat p[anen kencur. Setelah kami cek, hanya menemukan pangkalnya saja, ujungnya kemungkinan sudah terkikir erosi air. Itupun saat kami angkat kondisinya rusak tapi tidak terlalu parah,” paparnya.

Selanjutnya kita bawa ke museum untuk dilakukan tindakan lebih lanjut, “Kami selaku dari dinas penyelamatan dan pelestarian. Kami tempatkan di museum. Proses awal kami identifikasi kemudian pendataan. Kami masuk ke konservasi atau rekonstruksi atau penyambungan. Setelah itu kami simpan,” terangnya.

Diketahui, saat ini Museum Purbakala Patiayam menyimpan 8.000 fragmen fosil yang ditemukan dari belasan hewan purba yang diduha pernah ada di kawasan Pegunungan Patiayam Kudus. Mulai dari gajah, rusa, hingga hewan laut purba. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :