Petugas PLN Sigap Tangani 400 Aduan saat Jaringan Listrik di Kudus Rusak Akibat Cuaca Buruk

oleh -225 kali dibaca
Caption : Sejumlah petugas di Unit layanan pelanggan (ULP) PLN Kudus sedang menjalani pengarahan dan doa bersama sebelum menjalankan aktifitas. (Foto:ist/ISKNEWS.COM.)

Kudus, isknews.com – Tepat di hari pahlawan, cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang merobohkan puluhan pohon penghijauan di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (10/11/2020).

Pohon tersebut selain menimpa jaringan telepon juga menimpa kabel perusahaan listrik Negara (PLN) di beberapa titik lokasi di Kota kretek, Kudus. Demi keamanan warga, listrik di sebagian besar wilayah Kudus seketika dipadamkan.

Nuril Budiantoro, Koordinator pelayanan teknik pada unit layanan pelanggan (ULP) PLN Kudus.

Nuril Budiantoro, Koordinator pelayanan teknik pada Unit layanan pelanggan (ULP) PLN Kudus mengatakan jika petugas sempat kuwalahan harus giliran pindah antar lokasi, karena ada puluhan lokasi kabel PLN tertimpa pohon.

Bahkan, lanjut Nuril (sapaan akrabnya), hari itu juga selama 24 jam pihaknya menerima laporan hingga 400 aduan dari masyarakat, baik terkait laporan pohon tumbang yang menimpa kabel listrik hingga aduan pemadaman. Hal itu membuat pihaknya (Tim PLN) harus kerja ekstra.

“Saat itu mulai dari Supervisor hingga bagian teknik lapangan saling berkoordinasi mengatur strategi agar bisa gerak cepat melayani laporan tersebut, karena masyarakat ingin hal itu cepat tertangani dan listrik bisa dihidupkan kembali,” terang Nuril, Kamis (12/11/2020).

Dijelaskannya, ULP PLN Kudus mempunyai sedikitnya 40 petugas teknik di lapangan, terdiri dari 10 regu yang tersebar di 5 lokasi pemetaan. Selain itu, tiap pos tersedia fasilitas masing-masing 5 unit mobil dan sejumlah motor untuk penunjang operasional.

5 lokasi pemetaan terdiri dari pos pertama, Jekulo yang mencakup wilayah Kecamatan Jekulo, Kecamatan Mejobo dan sebagian Kecamatan Bae. Pos kedua, Dawe, meliputi wilayah Kecamatan Dawe, Kecamatan Gebog sebagian Kecamatan Bae,

Pos ketiga di Mayong, dimana lokasi yang masuk wilayah Jepara itu meliputi Kecamatan Nalumsari dan sebagian Kecamatan Kaliwungu. Sementara pos keempat dan kelima bertempat di Jati dengan mencakup wilayah Kecamatan Kota, Kecamatan Jati dan pos kelima melayani area Kecamatan undaan dan Kecamatan Karang anyar Kabupaten Demak.

“Dengan pemetaan diatas, secara tidak langsung meringankan petugas PLN di Kudus dalam memberikan service terbaik bagi pelanggan,” harap Nuril.

Caption : Sejumlah petugas di unit layanan pelanggan (ULP) PLN Kudus sedang menjalani pengarahan dan doa bersama sebelum menjalankan aktifitas. (Foto:ist/ISKNEWS.COM)

Pelaporan Gangguan Listrik dari Aplikasi Mobile APKT Hingga Hadirnya New PLN Mobile

Nuril Budiantoro menjelaskan, Mobile Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) berbasis Android merupakan salah satu perwujudan kompetensi di PLN, yaitu orientasi kepada pelayanan pelanggan.

Jika terdapat gangguan yang dilaporkan oleh pelanggan, operator APKT ataupun Contact Center PLN 123 akan menginput data-data gangguan ke dalam sistem APKT seperti nama pelanggan, alamat dan keluhan pelanggan dimana sistem APKT tersebut telah terintegrasi dengan aplikasi Mobile APKT.

Mobile APKT, kata Nuril, ditujukan untuk mempercepat response time penanganan gangguan oleh regu pelayanan teknik dan juga memonitor seluruh pelaksanaan kegiatan petugas pelayanan teknik di lapangan.

“Mobile APKT sangat membantu peningkatan pelayanan ke masyarakat, karena sifatnya yang “up to date” sesuai kondisi yang ada di lapangan, sehingga Manajemen PLN setempat dapat lebih mudah mengevaluasi performa petugas pelayanan teknik,” ujarnya.

Sementara hadirnya aplikasi New PLN Mobile membawa angin segar perubahan di tubuh PLN. Pasalnya, Dalam New PLN Mobile terdapat fitur notifikasi yang cukup lengkap. Seperti keluhan laporan, pemadaman, hingga fitur notifikasi tindak lanjut pengaduan.

Menariknya lagi, dengan menggunakan New PLN Mobile, para pelanggan dapat melakukan pembelian token listrik atau anda juga dapat melakukan pembayaran tagihan secara lebih mudah. Dengan demikian, anda tidak perlu kemana-mana untuk melakukan berbagai kegiatan penting tersebut.

Bahkan dengan hadirnya New PLN Mobile, akan muncul notifikasi mengenai adanya pemutusan jaringan listrik. Dengan demikian, pemeliharaan pun dapat anda ketahui terlebih dahulu.

Selain itu, New PLN Mobile saat ini menjadi salah satu sarana komunikasi PLN dengan pelanggan. “Saat pelanggan mengajukan pengaduan, maka mereka akan memperoleh informasi progres penyelesaian gangguan,” jelasnya.

“New PLN Mobile hadir dengan lebih inovatif dari sisi tampilan. Selain itu, juga memiliki kemudahan dalam hal penggunaan. Dalam pembayaran tagihan, pembelian token listrik, tambah daya, atau pasang sambungan baru, dapat pelanggan lakukan secara lebih mudah tanpa harus pergi kemana-mana,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :