PLN Area Kudus Upayakan Selama Ramadan Tidak Ada Gangguan Listrik

oleh -918 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Menyambut datangnya bulan suci ramadan dan menjaga kekhusukan dalam menjalankan ibadah puasa manajemen PLN Area Kudus, menyiapkan personel khusus untuk menjaga keandalan jaringan dan mengantisipasi terjadinya gangguan selama ramadan juga kesiapan material utama.

image

Koordinator Humas PLN Area Kudus Susanto mengemukakan, pihaknya sudah mempersiapkan untuk Rayon Kudus Kota empat unit trafo mobile dan 16 unit trafo sisip. Trafo mobile disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan pada sarana kelistrikan. “Selain di Rayon Kudus Kota sendiri trafo mobile juga stanbay di Rayon se wilayah Area KuduS. Jadi nanti apabila terjadi masalah, akan langsung dapat digunakan,” kata Susanto saat ditemui di ruangannya, Jumat (3/6).

Sedangkan trafo sisip, lanjut Susanto, akan disiapkan pada wilayah yang potensial terjadi overload saat beban puncak. Melalui upaya seperti itu, diharapkan umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa khususnya pada malam hari tidak terganggu akibat gangguan kelistrikan.

Dia menambahkan, dua orang personel spesialis perbaikan trafo pun disiapkan. Mereka disiapkan untuk dapat bergerak cepat dimana lokasi gangguan dapat dijangkau, dengan dibekali motor untuk mempercepat menjangkau lokasi. Perlu diketahui penggunaan trafo bergerak seperti itu, baru dilakukan bila kerusakan pada sarana kelistrikan tidak dapat diganti secepatnya.

“Khusus untuk Area Kudus, gudang peralatan berada di Jepara. Trafo bergerak dapat digunakan misalnya bila peralatan yang ada masih harus didatangkan dari Jepara atau dari Area lain. Namun bila sudah dapat diatasi di tingkat Rayon, penggunaan trafo mobile tidak diperlukan,” tuturnya.

Susanto menceritakan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, potensi gangguan listrik banyak terjadi saat musim penghujan. Berhubung puasa tahun masih dalam kondisi curah hujan yang cukup tinggi, PLN Area Kudus siaga penuh agar pelanggan tidak terganggu. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :